Meneladani Nilai Luhur Pancasila

Abadikini.com, SURABAYA – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Beberapa upacara dan acara seremonial biasanya rutin dilakukan untuk memeriahkan lahirnya ideologi bangsa Indonesia.

“Namun kali ini memang terasa sedikit berbeda, semenjak wabah virus corona (Covid-19) datang ke Indonesia, kita harus rela untuk di rumah saja dan berharap semuanya kembali seperti sedia kala,” ucap Anggota DPRD Jawa Timur Fraksi PDI Perjuangan, Armuji. Senin, (01/6/2020).

Mari kita telaah, lanjut Armuji, perjalanan bangsa ini beberapa tahun belakang ini yang seolah-olah semakin menjauh dari nilai luhur Pancasila. Beberapa kejadian membuat sesama anak bangsa bersitegang.

“Dimulai dari polarisasi politik, intoleransi, hingga fanatisme yang berlebihan terhadap satu dua kelompok. Bangsa Indonesia benar-benar diuji hingga titik nadir dan hampir beberapa kali di ambang pertikaian dan perpecahan antar anak bangsanya,” beber mantan Ketua DPRD Kota Surabaya 2 periode tersebut.

Polemik demi polemik menyelemuti negeri ini, entah sampai kapan akan berakhir. Bahkan ketika ada beberapa bencana seperti banjir dan gempa bumi, masih saja ada satu dua pihak yang berseteru.

“Entah sejak kapan bangsa ini menjadi tidak rukun dan mudah tersulut emosi dan berakhir saling membenci. Mungkin ini adalah fase ujian terberat bangsa ini,” terang Calon Wakil Walikota Surabaya tersebut.

Bahkan ketika banyak hati dan pemikiran yang belum menyatu, datang lagi satu bencana yatu wabah Covid-19 yang memporak porandakan segala tatanan negeri ini, bahkan sampai level dunia. Dan sekali lagi, di tengah bencana seperti ini, masih saja kita bertikai dan berpolemik untuk urusan yang tidak terlalu penting.

“Kita harus menjaga nilai luhur Pancasila,” terang Cak Ji, sapaan akrabnya.

“Karena hanya dengan semangat dan nilai luhur Pancasila kita bisa menghadapi segala rintangan dan cobaan. Pancasila adalah dasar negara yang kokoh dan tak lekang oleh waktu, jadi kita wajib menanamkan semangat Pancasila dalam setiap kegiatan berbangsa dan bernegara,” imbuh Cak Ji.

Tiap butir Pancasila memiliki makna serta arti yang mendalam dan tentunya sangat tepat untum selalu diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Mari wujudkan semangat Pancasila dan mari kita menjadi bangsa yang kokoh bersama-sama,” ajak Politisi PDI Perjuangan ini.

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close