Aksi Kemanusiaan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Peduli pada Korban Covid-19

Abadikini.com, SURABAYA – Perhimpunan Indonesia Tinghoa Jawa Timur (INTI Jatim) mengadakan aksi kemanusiaan, peduli terhadap korban terdampak Covid-19 di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Baca Juga

Bentuk kepedulian INTI Jatim pada warga terdampak Covid-19 berupa pembagian sembako kepada warga kurang mampu. Awal aksi kemanusiannya dilajukan pada tanggal (28/3) lalu hingga hari ini, INTI Jatim memberikan sumbangan 7 alat semprot di Kelurahan Kupang Krajan Surabaya.

Alat semprot disinfektan tersebut diserahkan oleh Ketua INTI Surabaya, Richard Susanto kepada Ketua LPMK Kupang Krajan, Djoko Prasektyo.

Selanjutnya, INTI Jatim membagikan 200 paket sembako kepada ojol, pedagang keliling, tukang becak, tukang parkir, pemilik warkop, pemilik warung nasi, dan sopir angkot dari tanggal 1-5 April 2020.

Setiap hari dibagikan 40 paket sembako bekerjasama dengan Gusdurian gerakan #salingjaga. Penerima paket mengambil langsung di posko secara bergantian.

Ketua INTI Surabaya, Richard Susanto berharap, gerakan #salingjaga dapat menginspirasi kelompok masyarakat ekonomi menengah ke atas untuk peduli sesama terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan harian akibat tidak bekerja atau berpenghasilan harian.

“Kami menghimbau masyarakat Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya bisa bersama membantu saudara kita yang terganggu secara ekonomi, mungkin bisa untuk beberapa bulan ke depan,” kata Richard melalui rilisnya, Jumat (17/4/2020).

Masih dalam aksi kemanusiaan, INTI Surabaya menyerahkan sumbangan perlengkapan kesehatan (masker, hand sanitizer, dll) ke banyak rumah sakit dan puskesmas pada tanggal 6-8 April 2020.

Richard Susanto menjelaskan, bantuan perlengkapan kesehatan sengaja menyasar rumah sakit atau puskesmas kecil yang tidak tersentuh, walau tidak ada dampak Covid-19, tetap harus steril dan terus terjaga.

Sementara itu, INTI Pamekasan juga melakukan aksi membagikan nasi bungkus, sedangkan INTI Madiun  juga telah bergerak membagikan sumbangan bersama komunitas lainnya.

Selanjutny, INTI Jatim bersama GUSDURian Peduli membagikan paket sembako berisi beras, minyak goreng, tepung terigu, dan satu paket mie isi 14 keping, kepada warga pra sejahtera di Balai RW 03 Putro Agung Kelurahan Rangkah (Lapangan Alun-Alun Rangkah), Kota Surabaya.

Dan juga memberikan 40 paket sembako diterima Sekretaris Kelurahan Rangkah, Mustofa SW. Kemudian 45 paket sembako juga dibagikan kepada warga RT2/RW2 (Kampung Pecinan), Jl. Tambak Bayan Tengah No. 35-41 Surabaya.

Mewakili warga Tambak Bayan Surabaya, Handoko mengucapkan, terimakasih banyak atas kepedulian INTI Jatim yang terus bergulir tersebut sampai dampak Covid-19 mereda.

Baca Juga

Back to top button