Bukan SIM, Polisi di Kota Ini Razia Pengendara yang Tidak Pakai Masker

Abadikini.com, TASIKMALAYA – Tim Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota menggelar razia masker besar-besaran bagi pengendara motor dan mobil di sejumlah jalan protokol Kota Tasikmalaya, Kamis (9/4/2020).

Para pelanggar kaget tak ditilang saat terjaring razia, malah diberikan masker gratis dan diminta selalu memakai penutup hidung dan mulut saat berkendara.

“Benar, kami melakukan kegiatan di jalan tak seperti biasanya. Razia ini bukan untuk penegakkan hukum bagi para pelanggar pengguna kendaraan, tapi memberikan edukasi selalu pakai masker saat kondisi wabah corona. Kita bagikan 1.000 masker gratis di sejumlah jalan protokol,” jelas Kepala Satlantas Polres Tasikmalaya Kota, AKP Ajat Sudrajat kepada wartawan seusai razia masker di Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Kamis pagi.

Ajat meminta kepada seluruh pengendara motor maupun mobil untuk selalu memakai masker saat berkendara. Langkah ini sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran corona di jalanan atau tempat umum yang dilewati masyarakat.

“Kita akan terus tiap hari menggelar razia seperti ini. Jadi pengendara yang kedapatan tak pakai masker, langsung kita kasih masker gratis dan harus langsung dipakai,” tambah Ajat.

Selain razia di sejumlah kawasan jalan raya, lanjut Ajat, pihaknya pun akan melakukan kegiatan serupa di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan mal atau tempat perbelanjaan.

Pihaknya akan memeriksa para pengendara atau masyarakat yang tidak memakai masker untuk mematuhi aturan demi mencegah penyebaran corona.

“Selain di jalan, kita juga akan memeriksa di sejumlah mal, pusat perbelanjaan, pasar dan tempat keramaian lainnya. Jika diketahui tak pakai masker, langsung kita beri imbauan dan diminta untuk memakai masker gratis yang diberikan,” ujar Ajat.

Sementara itu, salah satu pengendara motor yang terazia Nuning (46), mengaku awalnya kaget terjaring razia dan pasrah hendak ditilang.

Namun, dirinya tak menyangka ternyata para petugas memintanya untuk memakai masker yang diberikan gratis.

Nuning pun menyadari langkah petugas Kepolisian itu untuk keselamatan dirinya supaya tak terpapar corona saat berkendara.

“Kaget pak awalnya, tapi ke sininya saya jadi malu, karena langkah Pak Polisi ternyata untuk keselamatan saya saat wabah corona terjadi sekarang ini,” singkat Nuning.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button