Pemkot Surabaya Terima Bantuan Alat Teknologi dari ITTS

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Surabaya menerima bantuan alat teknologi dari Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS). Bantuan itu berupa robot service isolation room, swab chamber dan bilik sterilisasi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menerima bantuan itu mengatakan pihaknya bekerja sama dengan ITTS dalam pengembangan menangani Covid-19. Ia tak ingin tenaga medis yang berjuang terpapar virus.

“ITTS membantu kami bagaimana membuat dengan teknologi sesuai dengan bidang untuk membantu meringankan beban para medis,” kata Risma di depan Balai Kota, Kamis (9/4/2020).

Jika sebelumnya bilik sterilisasi digunakan masyarakat di tempat umum, kini akan ada di rumah sakit. Sebab, kata Risma, para medis yang sudah dilengkapi APD masih ada yang terjangkit bahkan meninggal dunia.

Oleh karena itu, ITTS membantu mengurangi risiko tersebut dengan membuat robot service isolation room, swab chamber dan bilik sterilisasi.

“Dengan adanya alat ini, harapannya dapat membantu petugas mengurangi risiko penularan untuk tim medis,” ujar Risma.

Risma menjelaskan ketiga alat itu akan ditaruh di RSUD Soewandi dulu. Namun jika rumah sakit lainnya juga membutuhkan, maka akan dibuatkan.

“Sementara satu karena memang baru. Kalau sudah bagus nanti ada penyempurnaan. Karena kita minta bantuan dan ITTS membuatkan. Termasuk mahasiswa, terima kasih Tuhan yang balas. Ini tugas kemanusiaan karena itu saya terima kasih pak rektor dan seluruh jajaran,” ungkapnya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker