Inilah Manfaat Minum Es Kelapa Tanpa Gula yang Perlu Anda Ketahui

Abadikini.com, JAKARTA – Membayangkan minum es kelapa muda saat cuaca panas adalah contoh kesegaran yang hakiki. Namun, tahukah Anda bahwa es kelapa muda yang diminum tanpa gula juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan?

Kelapa muda adalah sebutan untuk buah kelapa (Cocos nucifera) yang memiliki kulit berwarna hijau. Daging buahnya tidak setebal kelapa tua yang biasa digunakan untuk santan, namun air kelapa muda sangat menyegarkan dan memiliki khasiat untuk kesehatan manusia.

Kandungan terbesar pada air kelapa adalah elektrolit dengan kadar gula mirip dengan yang terdapat pada solusi rehidrasi oral alias oralit. Kandungan gula alami pada air kelapa ini membuat rasa airnya manis sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan pemanis tambahan.

Cara menikmati es kelapa muda tanpa gula

Bagi sebagian orang, menikmati es kelapa muda tidak lengkap tanpa menambahkan pemanis buatan, seperti gula merah atau gula pasir. Ada juga yang mencampur air ini dengan sirup aneka rasa untuk memperkaya rasa air kelapa itu sendiri.

Berikut dua cara membuat es kelapa tanpa gula yang dapat Anda coba.

1. Es kelapa jeruk

Siapkan 1 liter air kelapa muda yang bisa didapat dari 2 butir kelapa muda, kerok juga daging kelapa muda. Campur keduanya di baskom bersama dengan air perasan dari 10 buah jeruk manis dan tentunya es batu sesuai dengan selera Anda.

2. Es kelapa buah-buahan

Siapkan 1 liter air kelapa muda yang bisa didapat dari 2 butir kelapa muda, kerok juga daging kelapa muda. Campur keduanya di baskom bersama es batu dan potongan daging buah yang akan Anda gunakan, misalnya alpukat, nangka, blewah, hingga stroberi.

Apa saja manfaat minum es kelapa tanpa gula?

Minum es kelapa muda tanpa gula bukan hanya menyegarkan, namun rendah kalori. Tidak heran bila para ahli diet menyatakan minum es kelapa muda tanpa gula lebih baik dibanding minum jus buah.

Selain itu, es kelapa muda juga mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya:

  • Memenuhi kebutuhan potasium di dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda tidak tidak mudah dehidrasi, terutama bila sedang melakukan aktivitas intensitas sedang hingga tinggi seperti berolahraga.
  • Memperkuat tulang dan gigi karena kandungan kalsium di dalamnya.
  • Membantu otot bekerja dengan normal karena adanya kandungan magnesium. Mineral ini juga membantu penyerapan potassium dan kalsium di dalam tubuh.
  • Mencegah stres oksidatif pada tubuh karena adanya zat antioksidan pada es kelapa muda
  • Mempercepat proses pembaharuan sel karena kandungan asam amino, seperti alanine, arginine, dan serine. Kandungan asam amino pada es kelapa muda bahkan lebih banyak dibanding asam amino pada susu sapi.
  • Menghambat penuaan dini karena adanya kandungan sitokinin. Zat ini juga dipercaya dapat melawan sel-sel kanker, meski klaim tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut.

Selain airnya, es kelapa muda juga memiliki manfaat dari daging kelapa muda itu sendiri. Penelitian mengungkap daging kelapa muda mengandung serat yang dapat mencegah konstipasi, diare, hingga menormalkan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Penting dipahami bahwa manfaat-manfaat di atas sebagian besar masih sebatas berdasarkan hasil penelitian di laboratorium. Sejauh ini, belum ada kesimpulan bahwa kelapa muda bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Sumber Berita
Sehatq
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker