Cara Mendapatkan Listrik Gratis 3 Bulan untuk Pengguna Token

Abadikini.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) menyatakan kebijakan menggratiskan tarif listrik selama tiga bulan untuk 24 juta pelanggan 450 volt ampere (va) dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900 va berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Lalu bagaimana dengan pengguna token atau listrik pascabayar?

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyebut pihaknya akan siapkan sosialisasinya melalui aplikasi. sehingga pelanggan listrik prabayar (token) tidak bingung bagaimana mereka mendapat listrik gratis dan mendapatkan diskon tarif listrik 50%.

“Jadi sudah ada aplikasinya dan tinggal kita sosialisasikan. Di mana token nantinya akan diberikan setiap bulan. Dan tidak langsung tiga bulan,” ujar dia pada telekonferensi di Jakarta, di lansir dari Okezone, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan, untuk pengguna listrik prabayar (token) sebenarnya PLN sudah ada pengalaman waktu berikan kompensasi saat terjadi blackout 4 Agustus 2019.

“Maka itu sudah ada aplikasi tinggal masing-masing konsumen masukan ID pelanggan saja. Nantinya dia sudah langsung klik dapat kode voucher sejumlah,” ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia masing-masing ID pelanggan sudah terecord di database PLN. Misalnya pelanggan ini pemakaian 3 bulan terakhirnya maksimal 100 kwh, dia akan dapat otomatis 100 kwh.

“Saya rasa sudah cukup valid diimplemenasikan di kompensasi blackout, tinggal masukkan ID pelanggan saja,” tandas dia.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian ESDM akhirnya mengeluarkan skema penerapan listrik gratis untuk 24 juta pelanggan 450 volt ampere (va) dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900 va bersubsidi selama tiga bulan.Menarik untukmu

Nantinya PT PLN (Persero) akan menjalankan skema ini karena mendapatkan kompensasi sebesar Rp3,5 triliun.

Skema pertama yakni 24 juta pelanggan 450 va pascabayar, rekening listrik gratis untuk biaya pemakaian selama tiga bulan. Sementara untuk pelanggan prabayar (token) akan diberikan token gratis untuk pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Sementara, untuk 7 juta pelanggan 900 va bersubsidi mendapatkan diskon 50% tarif listrik selama tiga bulan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker