Dollar AS Terus Melayang hingga Sentuh Rp16.550

Abadikini.com, JAKARTA Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 16.486. Mata uang Paman Sam menguat dibandingkan pekan lalu.

Mengutip data Reuters, Senin (23/3/2020), dolar AS berada di level tertingginya Rp 16.550 per 09.30 WIB.

Pada Jumat pekan lalu (20/3/2020) dolar AS berada di level Rp 16.200. Angka tersebut merupakan rekor sebelumnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sebelumnya mengatakan, langkah stabilisasi nilai tukar yang dilakukannya dengan selalu menyediakan suplai dolar AS di pasar. Tujuannya untuk menenangkan pasar.

“Kami lakukan dengan intervensi baik secara tunai, spot maupun secara forward melalui Domestik Non Delivery Forward. Ini untuk menjaga mekanisme pasar dan agar tidak terjadi kepanikan dan memberikan confidence di pasar,” terangnya melalui video conference, Jumat (20/3/2020).

Untuk cadangan devisa (cadev) sendiri, Perry memastikan kondisinya masih lebih dari cukup. Hingga akhir Februari 2020 posisinya masih US$ 130,4 miliar.

“Tentu saja berkoordinasi dengan pemerintah, Menkeu, Menteri BUMN, tentu saja langkah lanjutan akan dilakukan bagaimana kemudian berbagai program maupun pembiayaan budget nanti juga akan didatangkan devisa,” tambahnya.

Sumber Berita
detikcom
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close