Masih Banyak Guru SD di Pedalaman Papua Masih Lulusan SMA/SMK

Abadikini.com, JAKARTA – Kebanyakan guru sekolah dasar di Papua, terutama di daerah pedalaman belum bergelar sarjana strata satu (S1).

“Banyak guru yang belum sarjana terutama guru sekolah dasar (SD) di daerah pedalaman” kata Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua, Adrian Howay, Adrian di Jayapura, Sabtu (14/3/2020).

Menurut dia, kalau di kota hampir rata-rata guru sudah berkualfikasi sarjanakarena aturan baru mengatur bahwa guru yang tersertifikasi harus bergelar sarjana.

“Karena aturan ini, banyak guru sudah kuliah dan bergelar sarjana namun masih di dominasi oleh guru di daerah kota,” ujarnya.

Dia mengatakan, rata-rata guru SMA/SMK sudah semua bergelar sarjana. Sementara guru SMP, lanjutnya, sebagian bergelar sarjana dan hanya sedikit yang belum sarjana.

Adrian tidak menyebutkan jumlah total guru sekolah dasar dan SMP didaerahnya yang belum bergelar sarjana.

“Memang guru harus bergelar sarjana karena merupakan salah satu syarat untuk mengikuti tes sertifikasi guru, jika belum sarjana maka tidak bisa mengikuti tes sertifikasi guru,” katanya.

Namun, kata dia, ada tahapan yang harus diikuti yakni pre tes daring jika guru bersangkutan sudah memenuhi syarat maka maju ke tahap berikutnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini tidak bisa mengupayakan langsung setiap guru ikut sertifikasi karena aturan sudah ketat.

Sumber Berita
Antara
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close