Menko Polhukam Tegaskan TNI dan Polri Siap Dukung Pilkada Serentak di Papua

Abadikini.com, JAYAPURA — Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI dan Polri siap mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Papua, meskipun wilayah ini termasuk dalam kategori kerawanan tinggi. Hal tersebut disampaikan dalam pengarahan Kesiapan Pengamanan Tahapan Pilkada Serentak di Wilayah Papua, di Kodam XVIII/Cenderawasih, Jayapura, Kamis (30/5/2024).

Menurut Staf Operasi Tentara Nasional Indonesia (Sops TNI), Papua, khususnya Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan, merupakan daerah dengan tingkat kerawanan tinggi berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024. Beberapa wilayah yang rawan termasuk Kabupaten Puncak, Yakuhimo, Paniai, Pegunungan Bintang, Nduga, Intan Jaya, dan Maybrat.

“Masih terdapat aksi kekerasan bersenjata yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di beberapa tempat di wilayah Papua,” kata Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Data intelijen menunjukkan bahwa tingkat kerawanan pada pelaksanaan Pilkada Serentak lebih tinggi dibandingkan dengan Pemilu Pileg dan Pilpres. Faktor penyebabnya meliputi keberpihakan penyelenggara, ketidaktaatan regulasi, dan politik uang. Menko Hadi menekankan pentingnya peran aparat intelijen dalam memperhatikan detail situasi keamanan di Papua.

“Saya minta aparat intelijen harus benar-benar memperhatikan secara detil. Kekuatan kita sudah terbagi rata dan tidak mungkin kita minta bantuan lagi,” ujar Hadi.

Meski menghadapi tantangan besar, Hadi menegaskan komitmen TNI dan Polri dalam mendukung pendistribusian logistik Pilkada, mengingat kondisi geografis Papua yang berat dan demografis masyarakat yang tersebar di berbagai pulau.

“TNI dan Polri siap membantu demi kelancaran pilkada serentak dengan alutsista yang ada,” tambahnya.

Menko Polhukam mengingatkan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan kedamaian selama Pilkada serentak. Ia juga menekankan pentingnya kampanye pemilu damai agar masyarakat mau berpartisipasi dan menghindari ketidakstabilan politik, hukum, dan keamanan.

“Sinergi TNI Polri harus tetap terjaga dan mudah-mudahan tugas yang berat ini dapat dijalankan dengan baik,” katanya.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI dan Polri di Papua berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan lancar.

“Kami berkomitmen akan memegang teguh integritas, sehingga pilkada yang aman, tertib, dan lancar bisa diwujudkan,” ujarnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker