Tidore dan UNJ Usul Gubernur Pertama Irian Barat, Sultan Zainal Abidin Syah jadi Pahlawan Nasional

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendorong presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menetapkan Sultan Zainal Abadin Syah sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Menurut Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim sosok Sultan Zainal Abdin Syah yang sebagai seorang Sultan maupun Gubernur pertama Provinsi Perjuangan Irian Barat (IB) adalah seorang tokoh bangsa yang setia dan berbakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain ituka kata Ali, Bukan saja dukungan yang telah Sultan Zainal Abadin Syah berikan kepada RI dalam berbagai konfrensi Internasional saja, tetapi, terang Ali, Sultan Zainal Abidin Syah juga siap mengorbankan jiwa raganya demi kepentingan negara dan bangsa.

“Hal ini dapat di lihat dari penolakannya sebanyak dua kali terhadap tawaran pemerintah Belanda. Walaupun Belanda bersedia untuk membantu, melindungi dan siap mendukungnya baik dari segi politik, ekonomi maupun militer apabila mau berdiri sebagai negara merdeka bersama Irian Barat. Inilah sikap seorang patriot bangsa,” kata Ali kepada Abadikini.com di sela-sela Seminar Nasional tentang “Peran Sultan Zainal Abidin Syah dalam Mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di Aula Latief Hendraningrat Gedung UNJ, Kamis (12/3/2020).

Ali menjelaskan, penolakan secara sepontan dan tegas dari Sultan Zainal Abidin Syah terhadap penawaran untuk menjadikan Tidore sebagai sebuah negara merdeka bukanlah satu keputusan yang mudah. Padahal kata Ali, Apalagi ini telah di bicarakan melalui perantara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Tanpa Zainal Abidin Syah perjalanan sejarah perjuangan pengembalian Irian Barat akan berjalan lain dari yang kita alami,” jelasnya.

Ali menegaskan, Sultan Zainal Abidin Syah telah berjasa untuk bangsa dan negara terutama yang berkaitan dengan persatuan dan Kesatuan bangsa dari Sabang sampai Maroke.

“Dengan demikian apa yang kita kenal sebagai NKRI saat ini dan kedepan
sebagain dari padanya hasil Investasi yang di amalkan oleh Zainal Abidin Syah,” tegasnya.

Ali menambahkan, atas jasa pengabdiannya dalam memperjuangkan kedaulatan NKRI ini. “Kami merasa pantas dan layak untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat Tidore agar Alm. Sultan Zainal Abidin Syah dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional,” imbuhnya.

“Sehingga jasanya terus terkenang dan menjadi teladan bagi generasi muda dalam membangun bangsa yang sejahtera, hari ini dan masa depan dalam bingkai NKRI,” pungkas Ali Ibrahim.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close