Kota Tidore dan UNJ Gelar Seminar Nasional Tentang Peran Zainal Abidin Syah Pertahankan NKRI

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menggelar seminar nasional tentang Peran Sultan Zainal Abidin Syah dalam Mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),di Aula Latief Hendraningrat Universitas Negeri Jakarta, Kamis 12 Maret 2020 pagi ini.

Kegiatan itu sekaligus untuk mengusulkan Sultan Zainal Abidin Syah yang ikut menyatukan kawasan timur nusantara dari Maluku hingga Papua dan NKRI, sebagai pahlawan nasional.

“Kegiatan ini juga untuk mengusulkan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai salah satu Pahlawan Nasional dari Kesultanan Tidore setelah pengukuhan Sultan Nuku sebagai Pahlawan Nasional pada era Soeharto,” kata Sekretaris Humas UNJ E Nugrahaeni Prananingrum, dalam keterangan tertulisnya.

Seminar Nasional ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba serta Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim.

Pembicara dalam seminar tersebut akan terdiri dari unsur DPD RI, Pemda terkait, dan akademisi.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun kesadaran sejarah dan rasa nasionalisme mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Juga menyadarkan akan pentingnya menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI,” ujar Nugraheni.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hamdani mengatakan, pihaknya mendukung penyelenggaraan seminar tersebut.

Baca Juga

Back to top button