Pengamat: PT 7 Persen Agenda Parpol Papan Atas Untuk Singkirkan Parpol Bawah

Abadikini.com, JAKARTA – Usulan parliamentary threshold (PT) sebesar 7 persen dari Partai Golkar dan Nasdem mengancam keberlangsungan partai kecil.

Demikian yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago seperti dilansir dari laman RMOL, Selasa (10/3/2020). Menurutnya usulan PT 7 persen merupakan agenda partai papan atas yang ingin menyingkirkan partai papan tengah dan kecil sehingga tidak lolos ambang batas parlemen.

“Kita ini sekarang sudah ideal 8-10 partai. Jangan sampai ada keinginan kita kembali dwi partai atau tiga partai saja, ini jelas nggak bisa merepresentasikan semua kepentingan, aliran ideologi, dan agenda politik dari faksi yang bermacam-macam,” tegas Pangi, Selasa (10/3/2020).

Indonesia, lanjut Pangi, merupakan negara unik yang memiliki bermacam-macam budaya dan agama serta aliran. Untuk itu amat tidak mungkin dan tidak rasional jika hanya mempunyai 2-3 partai saja. “Sebab kita itu heterogen, beda dengan USA yang hanya dua partai saja yang menonjol karena mereka homogen,” tandasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close