Sebagian Wilayah Jabotabek Alami Listrik Padam, Telkomsel dan XL Buka Suara Terkait Gangguan Internet

Abadikini.com,JAKARTA – Hujan mengguyur Jakarta dari Senin malam hingga Selasa pagi ini mengakibatkan sebagian besar wilayah di Jakarta dilanda banjir. Akibat dari banjir hari ini Perushaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi.

Banjir dan listrik padam pada pagi hari tadi menyebabkan dua perushaan internet yakni Telkomsel dan XL alami gangguan jaringan internet di sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim menyatakan bahwa telah terjadi gangguan jaringan yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan data internet hari ini Selasa (25/2) pagi.

Menurutnya, hal itu disebabkan adanya pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi perusahaan listrik negara (PLN) mengantisipasi banjir setelah hujan turun sejak Senin (24/2) malam.

“Saat ini di sejumlah titik di Jabotabek dan sekitarnya yang terdampak hujan deras yang merata dan mengakibatkan banjir juga telah dilakukan pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi,” kata Aldin dalam keterangan resminya kepada media, Senin.

“Untuk itu, Telkomsel telah menggunakan pasokan listrik cadangan dengan mengaktifkan battery dan menyiagakan sejumlah mobile genset sebagai pendukung operasional BTS di sejumlah titik wilayah terkait,” sambungnya

Telkomsel mengklaim tengah mengupayakan agar jaringan internet dapat kembali normal.

“Saat ini kami masih dalam proses inventarisir seluruh perangkat produksi. Kami juga sudah menyiagakan seluruh tim operasional untuk melakukan pemantauan dan memastikan kenyamanan komunikasi pelanggan tetap terjaga,” ucap Aldin.

Tak hanya Telkomsel, gangguan jaringan internet juga dialami oleh perusahaan telekomunikasi XL Axiata.

Group Head Corporate Communication XL Axiara Tri Wahyuningsih menjelaskan penurunan layanan internet XL karena ada pemadaman listrik oleh PLN setelah genangan air mengganggu pemukiman dan lokasi perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL.

Kendati demikian, perusahaan mengupayakan menara BTS tetap beroperasi normal dengan sokongan perangkat genset.

“Iya ada sebagian kecil area yg terkena pemadaman listrik, dan saat ini kita antisipasi dengan mobilisasi genset [untuk mengalirkan daya listrik ke BTS],” ucap Tri.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close