Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Rp 61,7 Miliar di Hari Jadi Kabupaten Barru ke-60

Abadikini.com, BARRU – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menghadiri hari jadi Kabupaten Barru ke-60 di alun-alun Colliq Pujie, Kota Barru, Kabupaten Barru, Kamis, 20 Februari 2020.

Hari Jadi Kab Baruu yang ke 60 ini juga dihadiri oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Barru dan Ketua DPRD Provinsi Sulsel. Tema yang diangkat tahun ini “Harmoni dalam Karya Menuju Barru yang Lebih Baik”

“Hari ini bersejarah bagi Barru di tengah kesibukan Pak MenPAN-RB dan beliau pernah menjadi Menteri Dalam Negeri. Di tengah kesibukan mengurusi Indonesia bisa hadir di tengah kita, patut kita berterima kasih,” kata Nurdin Abdullah membuka sambutan.

Setelah upacara HUT ini juga dilaksanakan launching Mal Pelayanan Publik Masiga dan peletakan batu pertama atau pemancangan awal pembangunan Galangan Kapal di Awarange.

Nurdin menilai sebelum hadirnya pelayanan mal pelayanan publik (MPP), Bupati Barru telah memberikan pelayanan yang pada prinsipnya sama memberikan kemudahan pelayanan dan kepastian berusaha.

“Beliau sudah mengaplikasikan sebelum hadirnya mal pelayanan publik. Kita bisa rasakan juga bagaimana investasi masuk karena ada kepastian dan kemudahan berusaha,” sebutnya.

Nurdin Abdullah juga menyebutkan pertumbuhan ekonomi Barru memberikan kontribusi yang besar untuk Sulsel. Ekonomi Barru tumbuh melesat pada tahun 2018 mencapai 7,08 persen, dimana periode sebelumnya 6,48 persen.

Barru ke depan memiliki nilai strategis. Sebab ibu kota baru yang rencananya akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, maka pintu keluarnya salah satunya adalah Kabupaten Barru sebagai daerah terdekat.

“Rongkong (pelabuhan) menjadi pintu gerbang komoditas kita dari Sulsel,” ujarnya.

Selain itu, Ia menekankan imbauan agar tercipta suasana kondusif terutama dalam Pilkada yang juga akan berlangsung di Barru.

Pada kesempatan ini, Bantuan Keuangan Daerah Pemprov ke Barru sebesar Rp 61,7 miliar diserahkan gubernur. Serta bantuan lainnya.

Sementara itu, Tjahjo Kumolo menyampaikan rasa optimisnya bahwa Barru akan menjadi daerah yang lebih baik ke depan, membawa masyarakatnya lebih sejahtera. Pemerintah daerah juga mampu mengordinisir masyarakatnya lebih baik dan bertindak adil.

Ia menyampaikan, bahwa Presiden Bung Karno mengatakan, hanya ada satu negeri tercinta yakni Indonesia, negeri yang tumbuh karena perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatan bangsa Indonesia.

“Ini juga sama. Hanya ada satu Kabupaten Barru, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari NKRI, ini akan bisa maju dan bergerak menuju kesejahteraan, berkeadilan dan perbaikan di semua pihak. Jika itu bisa dikerjakan oleh masyarakat Barru,” ucapnya.

Pelayanan mal publik di Sulsel yang ada di Barru ini dan di Makassar., Memberikan angin segar dari sebutan gubernur untuk daerah daerah lain.

Dari 512 kabupaten/kota tetapi yang punya punya mal pelyanan publik baru 24.

“Ini menjadi solusi terhadap anggapan bahwa pelayanan pemerintah itu lama berbelit-belit tidak transparan ada pungli,” harapnya.

Sementara itu, Suardi Duka menjelaskan, kemajuan yang diraih Barru saat ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam hal ini pemerintah provinsi.

Selama kepemimpinan Nurdin Abdullah dan wakilnya, Andi Sudirman Sulaiman perhatian ke kabupaten kota besar. Ditandai dengan alokasi program daerah yang besar.

“Yang paling dirasakan adalah alokasi bantuan keuangan ke kabupaten di Sulsel,” jelasnya.

Untuk pelayanan mal publik saat ini terdapat 22 instansi. Jumlah layanan 114 jenis. Sebelumnya perizinan juga dipermudah dari 129 menjadi 39 layanan perizinan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker