Pemuda Purworejo Ini Berhasil Bikin Robot Pembuat Telur Dadar Mini Loh

Abadikini.com, PURWOREJO – Seorang pemuda di Purworejo, Jawa Tengah, Agung Budi Wibowo (18) menciptakan robot pembuat telur dadar mini. Robot pembuat telur dadar mini ini dia beri nama ‘Egg Filling Robot’. Seperti apa cara kerjanya?

“Cara kerjanya yaitu lengan-lengan pada robot akan memposisikan diri di setiap lubang-lubang cetakan. Setelah pas di lubang, maka pompa hidup untuk menyedot adonan telur dan dialirkan ke loyang lewat selang di robotnya,” kata Agung saat ditemui detikcom di rumahnya, di Desa Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Sabtu (15/2/2020).

Pemuda lulusan SMK di Purworejo itu mengambil jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Dia menuturkan robotnya ini menggunakan daya baterai 4,2 volt sebanyak dua buah, yang mampu bertahan untuk jualan selama dua minggu dan bisa di-charge ulang.

“Komponen casing-nya dari akrilik, motor penggerak lengan robot pakai motor servo. Pompa, selang, dan microcontroller untuk mengatur pergerakan robotnya,” paparnya.

Pemuda yang baru lulus dan masih menganggur ini mengaku belajar membuat robot secara otodidak. Dia mengaku belajar dari YouTube, dan mulai bereksperimen mengotak-atik cara kerja robot sejak kelas I SMK.

“Ya itu dari awal saya belajar dari YouTube sama Google. Itu awalnya kan belajar cara kerja motor servonya, microcontroller-nya. Jadi nggak langsung fokus di robotnya dulu,” terangnya.

Ternyata sosok ibunda Praptining Utami (55) adalah orang yang jadi inspirasi Agung untuk membuat robot telur mini ini. Salah satu alasannya, tidak tega melihat ibunya yang sakit mata harus menunduk terlalu dekat ke wajan.

“Awalnya karena lihat Ibu jualan, Mas. Karena Ibu punya penyakit di mata, akhirnya kalau nuangin adonan telurnya harus dekat dengan wajan yang panas. Lihat Ibu gitu, saya juga nggak tega. Posisi saya dulu masih sekolah, jadi nggak bisa bantu Ibu. Akhirnya saya ada rencana bikin robot ini,” ucap Agung.

Meski baru membuat satu robot pembuat telur dadar mini untuk ibunya, Agung mengaku siap membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan jika menginginkan robot lain. Agung punya mimpi membuat robot yang bisa memudahkan pekerjaan manusia.

“Cuma untuk Ibu saja. Kalau ada orang-orang yang memiliki keterbatasan, saya siap membantu. Tapi, kalau produksi massal, nggak. Niat bikin alat ini untuk membantu pekerjaan manusia, bukan menggantikan pekerjaan manusia,” tuturnya.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Back to top button