Robot “Ole!” Sajikan Atraksi dan Kuliner Nasi Paella Khas Spanyol

Abadikini.com, JAKARTA – Salah satu perusahaan pengembang teknologi robotik di Spanyol yaitu BR5 baru membuat robot bernama “Ole!” yang mampu memasak menu nasional paella.

Masakan yang dihasilkan “Ole!” rupanya sudah diakui oleh para ahli gastronomi setingkat dengan masakan chef di restoran- restoran ternama di Spanyol.

Bahkan keunikan “Ole!” saat ini telah menarik perhatian beberapa hotel dan resor di luar Spanyol sebagai atraksi hiburan baru.

“Tentu sajian berbahan nasi buatan rumah di hari Minggu akan selalu terasa beda. Kami tahu dan tidak mengejar itu. Tujuan kami (menciptakan Ole!) justru agar kami bisa berpergian keliling dunia dan bisa menikmati sajian nasi dari negeri tapi di negara lain,” kata pendiri BR5 Enrique Lillo seperti dilansir dari Reuters, Minggu (23/5/2021).

Menariknya meski awalnya dibuat untuk kepentingan pribadi, namun “Ole!” telah dimiliki di beberapa hotel dan resor di Jepang sebagai atraksi hiburan.

Beberapa hotel dan resor di Spanyol juga sudah memiliki “Ole!” untuk menghibur warga lokal.

Paella Chef dan juga Direktur dari Sekolah Gastronomi Cocinea yaitu Maria Munoz bahkan memberikan jempol untuk masakan yang dihasilkan dari chef robot itu usai mencicipi masakan “Ole!”.

“Ini alat yang luar biasa menurutku. Untuk pembuat “Ole!” saya beritahu, saya sangat suka ini!” kata Maria Munoz.

“Ole!” terdiri dari kompor listrik yang dikontrol penggunanya dan memiliki tangan- tangan mekanik untuk nantinya menaruh bahan-bahan yang sudah disiapkan ke atas wajan khusus pembuat paella.

Chef Maria Munoz menyaksikan cara kerja robot Ole! (REUTERS/SUSANA VERA)

Ia pun bisa menambahkan nasi serta bumbu untuk kemudian diaduk dan diberikan kaldu ikan.

Pengguna hanya perlu menakar dengan tepat bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk memasak paella untuk satu porsi.

Setelah seluruh bahan dimasukan, “Ole!” tinggal melaksanakan tugasnya untuk mencampur dan menghasilkan semua bahan menjadi masakan khas resto favorit warga Spanyol.

Chef Maria Munoz menyebutkan kehadiran robot “Ole!” tentu sangat berguna terutama dalam hal menyediakan porsi lebih banyak mengingat waktu yang dibutuhkan membuat paella lebih singkat.

“Jika kamu masak paella secara manual sendirian, paling banyak hanya bisa mencapai 20 porsi. Jadi kehadirannya (Ole!) ini bisa jadi alternatif manis untuk menghadirkan paella,” kata Maria. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker