Viral dan Jadi Sorotan Internasional, Spiderman Kerja Bakti Bersihkan Sampah di Parepare

Abadikini.com, JAKARTA – Aksi Spiderman membersihkan sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai di Parepare, Sulawesi Selatan, disorot media asing.

Media ternama Reuters ikut mengangkat tulisan mengenai sosok bernama Rudi Hartono yang memakai kostum Spiderman tersebut. Dalam artikel berjudul “Have no fear, Indonesia’s Spider-Man will clean up your trash”, Reuters menulis tentang perjuangan Rudi mengajak warga sekitar untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai.

“Pada awalnya, saya melakukan aktivitas yang sama tanpa memakai kostum ini dan itu tidak menarik perhatian publik agar mereka bergabung dan membantu memungut sampah,” kata Rudi, pria berumur 36 tahun yang mengenakan kostum merah-biru Spiderman.

“Setelah memakai kostum ini, ternyata respons publik luar biasa,” imbuhnya dalam artikel di Reuters, Rabu (12/2/2020).

Dituliskan Reuters, Rudi yang pekerja kafe itu biasanya mengumpulkan sampah sebelum dirinya memulai pekerjaan di kafe pada pukul 7 malam. Awalnya dia membeli kostum Spiderman hanya untuk menyenangkan keponakannya, namun kemudian orang-orang di kotanya mulai memperhatikan dan tergerak untuk mengikuti aksinya membersihkan sampah.

“Kita membutuhkan model peran kreatif untuk mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam melindungi lingkungan,” ujar Saiful Bahri, warga Parepare dalam artikel Reuters.

Media asing lainnya yang mengangkat tulisan mengenai Rudi adalah media Singapura, The Straits Times yang menuliskan judul “Indonesia’s Spider-Man puts new spin on picking up trash”. Ada pula media, India TV News.com yang menulisnya dengan judul “This Indonesian man dresses up as Spider-Man to clean trash. Read to know why”.

“Seorang pekerja kafe Indonesia secara teratur berpakaian sebagai Spider-Man untuk mengambil sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai — untuk membuat orang-orang mengikuti teladannya. Rudi Hartono sebelumnya harus berjuang untuk membujuk warga komunitas kecilnya di pesisir Parepare — tetapi berkat avatar barunya, orang-orang sudah mulai mengikutinya,” demikian ditulis India TV News.com mengawali artikelnya.

Rudi berharap pemerintah akan mengerahkan lebih banyak upaya untuk membersihkan sampah dan memperketat aturan tentang pengelolaan limbah termasuk soal kantong plastik sekali pakai.

“Meminimalkan sampah plastik adalah hal yang paling penting untuk dilakukan, karena plastik sulit terurai,” katanya.

Sumber Berita
detikcom
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close