Berikan Edukasi Virus Corona Via Tik Tok, Dokter Cantik Ini Langsung Viral

Abadikini.com, JAKARTA – Dokter cantik Dagny Zhu jadi viral setelah memiliki cara tak biasa untuk mengungkapkan fakta tentang virus corona. Dokter mata di NVISION Eye Center, California ini menggunakan TikTok untuk memberikan edukasi tentang coronavirus baru.

Dalam video TikToknya, Dr. Zhu mencoba menenangkan semua orang dengan membandingkan jumlah yang terinfeksi dan tingkat kematian dari virus corona dengan pandemi sebelumnya, seperti SARS, MERS , Flu burung H5N1, dan flu babi H1N1.

“Fakta-fakta tentang coronavirus Wuhan dari seorang dokter Cina-Amerika,” tulis sang dokter dalam videonya.

Zhu memaparkan data yang dikumpulkan oleh staf medis yakni virus corona telah membunuh 400 orang, menginfeksi lebih dari 20.000, dan memiliki tingkat kematian sekitar 2%.

“Tapi kita sudah melihat yang lebih mematikan,” tulis Dr. Zhu.

Pada pemaparan yang viral itu, Zhu menjelaskan bahwa SARS, virus yang berasal dari Tiongkok, membunuh 774 orang dan menginfeksi 8.098 lainnya secara global. Virus memuncak pada tahun 2002 hingga 2003, mempengaruhi banyak negara, dengan angka kematian 9,6%.

Di sisi lain, MERS memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi dari 34,4%, menurut data yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Lebih dari 2.400 kasus yang dikonfirmasi di laboratorium telah dilaporkan mengenai virus yang pertama kali muncul pada September 2012.

Flu burung H5N1, telah menginfeksi sekitar 861 orang dalam kasus yang dilaporkan dari 2003 hingga 2019, menurut WHO. Ini telah membunuh 455 orang dan memiliki tingkat kematian 53%.

Flu babi H1N1 adalah pandemi yang diketahui telah membunuh ratusan ribu orang. Mengutip sebuah studi yang diterbitkan oleh The Lancet Infectious Diseases Online, memperkirakan kisaran kematian akibat influenza H1N1 2009 berkisar antara 151.700 dan 575.400.

“Untungnya semua virus ini akhirnya hilang kecuali flu musiman, yang menginfeksi jutaan dan membunuh 500.000 setiap tahun,” kata sang dokter dalam videonya. “Sepanjang hidup kita, kita hidup di antara virus mematikan yang menular,” imbuhnya.

Zhu pun mengingatkan semua orang untuk mencuci tangan dan tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka, serta mendapatkan vaksin flu. Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap menjaga kesehatan.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Back to top button