Gus Sholah Tokoh Istimewa yang Punya Tiga Kecerdasan

Abadikini.com, JAKARTA – Wafatnya KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah membawa duka mendalam bagi banyak orang, termasuk Ary Ginanjar Agustian. Menurutnya Gus Sholah adalah sosok yang istimewa sebagai teladan bangsa.

“Bangsa kita kehilangan sosok teladan yang mampu mewakili hati dan perasaan masyarakat. Beliau adalah tokoh istimewa yang mempunyai tiga kecerdasan IQ, EQ, dan SQ,” ujar Ary Ginanjar, Senin (3/2/2020).

Bagi Founder ESQ tersebut, Gus Sholah memiliki 3 kecerdasan yang lengkap baik IQ, EQ dan SQ. Sebagai arsitek dan alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Gus Sholah jelas memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi.

Dia juga menyebut, Gus Sholah sangat gigih memperjuangkan hak asasi dan martabat kemanusiaan. Hal itu menjadi bukti Gus Sholah memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang kuat.

Dalam hal spiritualitas (SQ), kata Ary, Gus Sholah tidak perlu diragukan. Dia mendapat pendidikan langsung setiap hari dari ayahnya KH Wahid Hasyim.

Sosok seperti Gus Sholah, menurut Ary, sangatlah berarti bagi bangsa Indonesia saat ini. Begitu banyak permasalahan bangsa yang saat ini perlu diselesaikan dengan kecerdasan EQ dan SQ.

“Di tengah suasana orang yang tak lagi mendengar suara hati, diperlukan kemampuan merasa atau EQ dan kemampuan menghidupkan suara hati atau SQ. Gus Sholah punya kecerdasan emosi yang halus dan terbimbing oleh kecerdasan spiritualnya yang tajam. Selamat jalan Gus Sholah, kami belajar,” ujarnya.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker