Risma Buat Edaran ke RT untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Surabaya

Abadikini.com, SURABAYA – Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kota Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini mengambil sejumlah langkah pencegahan.

Langkah tersebut dijabarkan Risma dengan membentengi warganya di berbagai lapisan masyarakat yang ada di Surabaya.

“Yang pertama, saya sudah buat edaran mulai RT dan RW, pengusaha mall, perkantoran.
Semua sudah kami beri edaran perihal virus corona ini. Kedua, kami juga sosialisasi ke apartemen, pertokoan. Kami sosialisasi terus, agar tidak ada kasus Corona di Surabaya,” ucapnya pada awak media. Seperti yang dilansir Suara. Kamis, (30/1/2020) sore hari.

Selain langkah tersebut, Pemkot juga membagikan masker kepada petugas yang bersinggungan langsung dengan masyarakat luas.

“Petugas-petugas kita, terutama yang berdekatan dengan kawasan-kawasan, yang kemungkinan terjangkit, sudah kita fasilitasi handscoon (sarung tangan karet -red) desinfektan, masker dan lain sebagainya. Jadi itu yang sudah kita lakukan,” tambahnya.

Selain masker dan handscoon, Pemkot Surabaya juga menyediakan baju khusus untuk petugas agar tidak terinfeksi.

“Kami juga siapkan semua perawatan, termasuk petugas (yang merawat pasien) TBC, kita sekarang ini mereka pakai baju khusus dan pakai handscoon dan masker. Ini bukan apa-apa, tapi supaya tidak terjadi, kami wajib berusaha,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kesiapan jika ada pasien suspect Virus Corona, pemprov sudah disiapkan dua rumah sakit. Bahkan, ia sudah mempersiapkan khusus.

“Iya kita ada persiapan khusus untuk sterilisasi. Cuma kan kita lebih baik mencegah. Kemarin sudah dicek Dinas Kesehatan di pelabuhan, bandara, sudah lengkap peralatan untuk deteksi dini.

Yang di lapangan juga kita sosialisasi terus. Tiap hari Dinkes, BPB Linmas, kepemerintahan sama kecamatan kelurahan, sudah masuk-maauk ke apartemen, perkantoran untuk sosialisasi tentang wabah ini,” tutur Risma.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker