Jaksa KPK Tiba-tiba Dicopot Lantaran Diduga Tangani Kasus PAW PDIP dan Newmont yang Menyeret Firli

Abadikini.com, JAKARTA — Dua Jaksa di KPK tiba-tiba ditarik kembali ke institusinya, Kejaksaan Agung lantaran menangani kasus suap pergantian antar waktu (PAW PDIP, Harun Masiku dan satu lagi yang menangani kasus Newmont yang disebut-sebut menyeret Ketua KPK Firli Bahuri. Pencopotan jaksa ini pun menjadi sorotan.

Menanggapi hal ini, Plt Juru Bicara KPK membantah kala jaksa tersebut ditarik lantaran menangani kasus tersebut. Ketiga jaksa tersebut ditarik lantaran diminta kembali ke institusinya yakni Kejakgung.

“Setahu saya ada. Saya tadi sudah konfirmasi ke Biro SDM, surat keputusannya belum ada, (jadi) masih bekerja di sini,” kata Ali di Kantornya, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, KPK tak bisa menahannya apabila Kejaksaan meminta kembali para pegawainya. Ali juga meminta masyarakat tidak mengaitkan isu ini dengan kasus-kasus yang sedang ditangani KPK.

“Ini kan, kadang ada persepsi semacam itu. Tapi sekali lagi saya ulangi, karena terkait dengan kebutuhan induknya, terkait pegawai yang dipekerjakan pada KPK, sehingga harus balik lagi ke sana,” ujarnya.

Ali menambahkan, walaupun dipulangkan dua orang jaksa, KPK akan meminta enam orang jaksa dari Kejaksaan Agung. “Ada enam orang yang rencananya akan dikirim dari Kejaksaan Agung, setelah melalui seleksi untuk membantu tugas-tugas KPK sebagai jaksa penuntut umum,” kata Ali.

Sumber Berita
Indopolitika
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close