Menelusuri Asal Usul Raden Rangga Sosok Misterius Petinggi Sunda Empire

Abadikini.com, BREBES — Pria yang disebut-sebut sebagai petinggi Sunda Empire bernama Raden Rangga atau diketahui juga bernama HRH Rangga ternyata berasal dari Brebes. Para tetangga membenarkan Rangga dan keluarganya tinggal di rumah yang terletak di Desa Grinting kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Melansir dari Detikcom yang menelusuri keberadaan Rangga pada Ahad (19/1/2020). Rumah keluarga Raden berada di Jalan Nila Desa Grinting tampak sepi.

Salah seorang kerabat Raden Rangga, Susi (32) mengatakan rumah itu ditempati oleh orang tua Raden Rangga. Susi mengaku tak tahu detail kegiatan Rangga.

“Orangnya jarang pulang. Terakhir ketemu sekitar seminggu lalu. Di rumah hanya kumpul-kumpul sama teman-temannya, habis itu pergi lagi,” kata Susi membuka percakapan.

Meski masih kerabat dekat, Susi yang rumahnya bersebelahan dengan rumah keluarga Rangga mengaku tidak mengetahui soal keterlibatan Rangga dalam Sunda Empire. Hanya saja, dia beberapa kali menyaksikan Rangga sering mengenakan seragam loreng layaknya serdadu lengkap dengan aksesorisnya.

“Di sini tidak ada yang tahu apa apa. Hanya beberapa kali pernah melihat dia mengenakan seragam yang aneh. Pakaian doreng seperti tentara,” sambung dia.

Keterangan serupa diutarakan oleh Lilis (48) tetangga Raden Rangga. Dia mengaku sering melihat Raden Rangga menggelar pertemuan di rumah orang tuanya itu.

“Kalau tidak siang ya malam. Banyak yang datang dan kumpul-kumpul di situ. Setelah melakukan pertemuan pergi lagi,” tutur Lilis.

Keterangan berbeda dilontarkan oleh Dewi Alfiyah (25) yang juga tetangga Raden Rangga. Dia mengaku pernah mendengar soal Kerajaan Sunda Empire dari Raden Rangga. Hanya saja, saat itu Dewi mengaku tidak begitu tertarik soal tersebut.

“Yang saya pernah dengar, Mas Rangga yang merupakan petinggi Sunda Empire. Dia berpangkat Letnan Jenderal Imperial Force The Pentagon dengan nama Ki Ageng Rangga Rasana. Malah belakangan sering memberi kabar dia diundang oleh media TV untuk wawancara soal ini,” beber Dewi yang mengaku sebagai calon istri Raden Rangga.

Diberitakan sebelumnya, Sunda Empire-Earth Empire mulai heboh usai video dan foto-foto anggotanya muncul di media sosial.

Akun YouTube bernama Alliance Press International mengunggah sebuah video berupa wawancara dengan salah satu petinggi di kelompok itu bernama HRH Rangga. Video sendiri diunggah pada 6 Juli 2019.

Dalam video itu, pria berseragam dengan topi flat cap biru muda itu bercerita soal Sunda Empire-Earth Empire. Menurutnya, Sunda Empire-Earth Empire itu merupakan sebuah kekaisaran matahari.

“Sunda Empire Earth Empire itu adalah kekaisaran matahari, kekaisaran bumi. Juga diartikan Sunda itu suku Sunda tapi ini adalah tindakan, proses turun temurun kekaisaran dari dinasti ke dinasti dan saat ini dinasti Sundakala,” ucap pria yang ditulis dalam video bernama HRH Rangga. Video itu diunggap pada 6 Juli 2019.

Menurut dia, Sunda Empire-Earth Empire ini terbagi menjadi enam wilayah. Pertama ada Sunda Atlantik di mana Bandung sebagai tera cop diplomatik dunia.

“Kedua, Sunda Nusantara adalah tatanan negara di mana tatanan tersebut dimulai dari benua Australia, Papua New Guinea, Indonesia di dalamnya, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam benua Cina seluruhnya. Mongolia, kemudian Rusia di dalamnya dari beberapa negara, kemudian Jepang. Kemudian sampai ke Korea Selatan dan Korea Utara. Kurang lebih Sunda Nusantara meliputi 54 negara di dunia,” tuturnya.

Sosok Raden Rangga di Mata Kerabat

Pria yang disebut-sebut sebagai petinggi Sunda Empire bernama Raden Rangga atau diketahui juga bernama HRH Rangga ternyata berasal dari Brebes. Kerabat bicara soal sosok Raden Rangga yang diketahuinya.

“Orangnya jarang pulang. Terakhir ketemu sekitar seminggu lalu. Di rumah hanya kumpul-kumpul sama teman-temannya, habis itu pergi lagi,” kata salah seorang kerabat yang juga tinggal bersebelahan dengan rumah Raden Rangga, Susi (32) membuka percakapan dengan wartawan, di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Ahad (19/1/2020).

Susi membenarkan Rangga dan keluarganya tinggal di rumah bercat putih itu. Dia juga mengaku beberapa kali menyaksikan Rangga sering mengenakan seragam loreng layaknya serdadu lengkap dengan aksesorisnya.

Pakaian doreng (loreng) seperti tentara,” sambung dia.

Tetangga Rangga yang lain, Lilis (48) mengaku sering melihat Raden Rangga menggelar pertemuan dengan sejumlah orang di rumahnya.

“Kalau tidak siang ya malam. Banyak yang datang dan kumpul-kumpul di situ. Setelah melakukan pertemuan pergi lagi,” tutur Lilis.

Diberitakan sebelumnya, Sunda Empire-Earth Empire mulai heboh usai video dan foto-foto anggotanya muncul di media sosial.

Akun YouTube bernama Alliance Press International mengunggah sebuah video berupa wawancara dengan salah satu petinggi di kelompok itu bernama HRH Rangga. Video tersebut diunggah pada 6 Juli 2019.

Dalam video itu, pria berseragam dengan topi flat cap biru muda itu bercerita soal Sunda Empire-Earth Empire. Menurutnya, Sunda Empire-Earth Empire itu merupakan sebuah kekaisaran matahari.

“Sunda Empire Earth Empire itu adalah kekaisaran matahari, kekaisaran bumi. Juga diartikan Sunda itu suku Sunda tapi ini adalah tindakan, proses turun temurun kekaisaran dari dinasti ke dinasti dan saat ini dinasti Sundakala,” ucap pria yang ditulis dalam video bernama HRH Rangga.

Sumber Berita
detik.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker