Tak Disangka, Lukisan Kuda Milik Bocah 6 Tahun ini Terjual Rp 31 Miliar

Abadikini.com, MOSKOW – Seorang lelaki asal Moskow, Rusia menjadi bahan perbincangan nasional di negaranya setelah secara percaya diri menjual lukisan yang ia buat ketika masih berusia 6 tahun. Tak tanggung-tanggung, ia menjual lukisan tersebut seharga 2,3 juta USD atau sekitar Rp 32 Miliar.

Lelaki bernama Vladimir Mkrtchyan tersebut kini berusia 41 tahun dan bekerja sebagai jurnalis. Lukisan tersebut memuat gambar seekor kuda berwarna cokelat yang sedang ditunggangi lelaki berbaju hijau yang diduga tengah memegang pedang.

Nampak juga tali berwarna merah yang melingkar di leher kuda, rerumputan serta latar belajang berwarna biru dan cokelat. Lukisan tersebut dijual di laman belanja online, Avito.

Menurut Vladimir, harga yang tinggi merupakan sebuah biaya yang sepadan untuk sebuah karya ‘luar biasa’ yang dibuat anak-anak. Bahkan ia mengaku harga yang dipasang lebih rentah dan bisa bernilai dua kali lipat karena lukisan tersebut dianggap memiliki latar belakang mengenai negara Uni Soviet di mata seorang anak yang lugu.

“Saat saya melukis ini, saya sangat kecil, masih jaman Soviet. Karya saya merupakan refleksi apa yang kami lihat di TV, dari buku. Saya sangat tertarik tema perang sipil saat itu,” katanya melansir dari laman suara.com, Jumat (17/1/2020).

Ia memberi judul lukisannya ‘Red Army Man on Horse’ atau Tentara Merah Berkuda.

Vladimir mengaku mendapatkan kembali karyanya yang hilang setelah membersihkan barang-barangnya. Lalu ide untuk menjualnya pun datang karena Vladimir mengaku lukisan tersebut laiknya harta karun yang terpendam.

“Saya menyimpan jiwa saya dan masa kanak-kanak saya yang menyenangkan pada lukisan ini. Seperti yang Anda tahu, tangan pelukis dituntun oleh Tuhan, itu artinya Tuhan menyukai lukisan ini,” tambahnya lagi.

Vladimir Mkrtchyan mengaku sudah mendapatkan pembeli potensial namun gagal karena si calon pembeli bertanya apakah harga Rp 31 miliar layak untuk dikeluarkan. Menurut Vladimir, itu adalah pertanyaan yang tidak pantas.

“Harganya sangat pas, ini sangat murah untuk karya seperti ini. Harganya merupakan gambaran uang yang saya butuhkan saat ini. Bahkan bagi saya, orang yang melukis ini, ekspresi kuda sangat menakjubkan. Seperti langsung melihat ke jiwamu,” tutupnya.

Baca Juga

Back to top button