Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga

Abadikini.com, JAKARTA – Bagi yang malas berolahraga atau bosan berlari di treadmill, sebenarnya ada alternatif lain yang menyenangkan yaitu menonton bioskop.

Studi terbaru menemukan bahwa menonton film di bioskop memiliki manfaat kesehatan jantung yang sama dengan olahraga kardio ringan. Tentu ini bisa jadi fakta yang menyenangkan bagi para pecinta film bioskop. Tapi, kok bisa ya?

Peneliti dari University College di London memantau detak jantung dan suhu tubuh 51 partisipan dengan sensor biometrik saat mereka menonton film Aladdin live-action. Peneliti juga meminta 26 partisipan dari kelompok lainnya membaca buku dalam jangka waktu yang sama.

Menariknya, peneliti menemukan peningkatan yang terlihat pada detak jantung penonton Aladdin. Mereka menghabiskan sekitar 45 menit dalam zona jantung yang sehat. Ini setara dengan olarhaga kardio ringan yang dapat membakar lemak serta meningkatkan kesehatan jantung.

Dr. Joseph Devlin, profesor ilmu saraf kognitif di UCL mengungkapkan jika pergi ke bioskop memberikan kesempatan bagi otak untuk mencurahkan perhatian penuh pada periode waktu yang berkelanjutan. Di dalam bioskop secara khusus tak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali membenamkan diri dalam film yang ditonton.

Selain itu, manfaat lain dari menontn film di Bioskop adalah mengolah kemampuan untuk mempertahankan fokus dan perhatian. Hal ini memainkan peran penting dalam membangun ketahanan mental. Ini penting karena penyelesaian masalah biasanya memerlukan upaya untuk berkonsentrasi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker