Menengok Rumah Kontrakan Raja Keraton Agung Sejagat di Sleman

Abadikini.com, SLEMAN – Raja Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso diketahui selain menetap di Purworejo juga tinggal di sebuah rumah kontrakan di RT 05/RW 04 Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Rumah kontrakan ini sudah dua tahun ditinggali oleh Toto.

Tetangga depan rumah kontrakan Toto, Bejret (47) mengatakan, jika semalam rumah kontrakan tersebut sempat digeledah oleh polisi. Penggeledahan dilakukan sekitar pukul 01.00 hingga 06.00 WIB.

“Semalam digeledahnya. Polisi yang datang banyak,” ujarnya, Rabu (15/1/2020) dilansir Merdeka.com.

Dia mengungkapkan, jika Toto tinggal di rumah kontrakan tersebut sejak dua tahun yang lalu. Kebetulan pemilik rumah kontrakan adalah saudara dari Bejret.

“Yang ngontrak bukan Pak Toto. Tapi terus ditinggali oleh Pak Toto. Kalau tidak ada kegiatan di luar ya Pak Toto tinggal di rumah kontrakan itu,” ungkapnya.

Bejret menyebut jika hampir setiap hari ada tamu yang datang ke rumah Toto. Tamu yang datang ini biasanya adalah pengikut dari aliran yang didirikan oleh Toto.

“Ya banyak yang datang. Orang luar tapi bukan warga sekitar sini. Orangnya ada yang tua ada juga yang muda-muda. Kalau di sini tidak ada kegiatan apa-apa. Karena kegiatannya di Purworejo,” jelasnya.

Dari pengamatan lapangan, saat ini rumah kontrakan yang ditinggali Toto dalam keadaan sepi. Rumah itu memiliki gapura yang terbuat dari bahan bambu. Di gapura rumah nampak ada bendera merah putih.

Rumah kontrakan itu terbagi dalam dua bangunan utama. Bangunan rumah digunakan sebagai tempat tinggal Toto dan keluarganya. Sedangkan di bagian lain adalah gazebo-gazebo dari bahan bambu.

Di bagian atas teras nampak ada logo berwarna kuning emas. Logo tersebut mirip dengan logo yang ada di Keraton Kerajaan Agung di Purworejo.

Saat ini nampak terparkir sebuah mobil Mercedes Benz warna hitam. Nampak pula ada tiga sepeda motor yang terparkir di samping mobil. Kondisi rumah sendiri saat ini sepi.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close