Sempat Deadlock, Begini Jalannya Muscab V DPC PBB Kabupaten Morowali

Abadikini.com, MOROWALI — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Morowali menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-V, yang berlangsung di Warkop Aweng Desa Emea Kecamatan Witaponda, Sabtu (11/01/2020) siang.

Muscab ke-V Kabupaten Morowali itu dibuka oleh Ketua DPP PBB, Dr Ali Amran, SH, M.Hum sekaligus memberikan pesan tentang mekanisme pemilihan di PBB berdasarkan hasil Muktamar ke-5 di Belitung pada September lalu.

“Bahwa penentuan ketua DPC terpilih tidak dilakukan oleh mekanisme Muscab, akan tetapi diputuskan oleh DPP, oleh karenanya Muscab itu berkewenangan hanya memilih 3 calon ketua DPC,” jelasnya.

Berbeda pada Muscab di tahun-tahun sebelumnya, sidang Muscab Ke-V kali ini banyak yang mempertanyakan laporan pertanggung jawaban pengurus DPC Morowali 2014 – 2019. Salah satu kader yang juga mantan caleg dari Dapil 3, Muis mengatakan bahwa Muscab kali ini terdapat beberapa kejanggalan.

“Saya melihat ada kejanggalan pada sidang kali ini, para pengurus PAC-PBB tidak bisa menunjukkan SK Kepengurusan, tidak ada laporan pertanggung jawaban pengurus lama, pimpinan sidang sementara dan seterusnya tidak paham tata tertib dalam persidangan dan pimpinan sidang tidak menghargai saran-saran dari DPW dan DPP dengan berpatokan pada AD/ ART Partai Bulan Bintang” ujar Muis.

Sempat terjadi perdebatan antara para peserta sidang Muscab ke-V Kabupaten Morowali, yang akhirnya menghasilkan 4 nama yang nantinya akan diajukan ke DPP, tetapi sesuai AD/ART Partai PBB hanya bisa diajukan 3 nama dan yang memutuskan adalah DPP Partai Bulan Bintang.

Dari perdebatan itu, lahirlah solusi melalui vooting yang diikuti 14 perwakilan hak suara, dan hasilnya terpilih 3 nama, yaitu Mantan Ketua DPC, Aminuddin Awaludin (5 suara), Ramadan (3 suara) dan Anggota DPRD Kabupaten Morowali, Puspa Bayu Nugraha (2 suara), sedangkan satu calon lagi atas nama Wahab (4 suara) dinyatakan gugur karena masih menjabat sebagai Ketua BPD di wilayah Kecamatan Witaponda.

Ketua DPW-PBB Sulawesi Tengah, Herman Latube, SH menambahkan bahwa Muscab-V ini harus dihadapi dengan kepala dingin dan hati yang tenang tapi juga tetap berpatokan kepada aturan partai dan tetap akan menerima 3 nama tersebut yang akan dibawa ke DPP Partai Bulan Bintang.

Sumber Berita
Kailipost
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close