Polres Jajaran Diminta Polda Jatim Dirikan Posko Tanggap Bencana

Abadikini.com, SURABAYA – Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Timur (Polda Jatim) menginstruksikan Polres/ta jajarannya untuk mendirikan posko tanggap bencana. Tujuannya untuk mengantisipasi bencana alam terutama bencana banjir.

“Pendirian posko tanggap bencana di Polres jajaran atas instruksi Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan. Pendirian posko di masing-masing wilayah di titik strategis sehingga apabila terjadi bencana, pertolongan kepada warga dengan cepat dapat dilakukan dan dampak bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin,” terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko pada keterangan tertulisnya. Minggu, (05/1/2020).

Lebih lanjut, pendirian posko merupakan fungsi deteksi sejak dini untuk diantisipasi. Para personel yang berkompetensi pada penanggulangan bencana alam juga telah disiapkan seperti personel Brimob, Sabhara, Polairud, Dokkes dan seluruh jajaran Polres Polda Jatim.

Tak hanya itu, Polda Jatim juga telah melakukan peninjauan secara langsung ke beberapa posko tanggap bencana. Hal ini sebagai wujud pelaksanaan porgram Promoter Polri dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Polda Jatim mengimbau, kesiapsiagaannya dan jajarannya perlu juga dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai stakeholders baik Pemerintah Daerah, TNI maupun BPBD dan SAR. Seluruh elemen dan tokoh masyarakat diminta memberikan edukasi dan imbauan untuk mengantisipasi dan tindakan-tindakan awal dalam penanggulangannya.

“Namun, Polda Jatim dan jajarannya, sifatnya hanya preventif, atau pencegahan yang lebih baik dari pada menanggulangi. Kita semua berharap tidak terjadi bencana alam apapun di wilayah Jawa Timur,” tegas Wisnu.

Baca Juga

Back to top button