Berikut Ini Alasan Presiden Swiss Katakan Libra-nya Facebook Gagal

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden yang juga Menteri Keuangan Swiss, Ueli Maurer mengatakan Libra, proyek cryptocurrency atau mata uang kripto yang dikembangkan Facebook, gagal dalam bentuknya saat ini.

Saat ini, Facebook memang sedang meminta izin regulator di negara tersebut. Agar diterima oleh regulator, Maurer mengatakan bentuk Libra harus diperbaiki terlebih dahulu.

“Saya rasa Libra tidak memiliki kesempatan di bentuknya saat ini, karena bank sentral tidak akan menerima keranjang mata uang yang menopangnya,” kata Maurer seperti dilansir detikINET dari Reuters, Sabtu (28/12/2019).

“Proyek tersebut, dalam bentuk saat ini, telah gagal,” sambungnya.

Mata uang kripto ini memang akan dikeluarkan oleh Libra Association yang berbasis di Jenewa, Swiss. Rencana peluncurannya diwarnai kekhawatiran dari regulator dan politisi, mulai dari masalah privasi hingga potensinya untuk mempengaruhi kebijakan keuangan.

Salah satu pencipta Libra, David Marcus sempat mengatakan bahwa hambatan regulasi bisa menunda peluncuran Libra yang dijadwalkan pada Juni 2020.

Beberapa bulan yang lalu, Libra juga mengalami penolakan di Prancis. Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis, Bruno Le Maire mengatakan ia tak hanya akan menghentikan Libra dikembangkan di Prancis, tetapi juga mencegahnya digunakan di negara tersebut ketika diluncurkan nanti.

“Libra bisa mengancam dan merusak Euro serta mengacaukan seluruh ekonomi Prancis. Saya tidak tertarik mengikuti permainan dan rencana Facebook. Jika ekonomi kita terpukul, orang-orang bisa memperburuk keadaan dengan meninggalkan mata uang yang disetujui pemerintah demi Libra Facebook,” ujarnya.

Sumber Berita
Detik
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close