KOI Sebut Baru 31 Atlet Genggam Tiket Olimpiade 2020 Tokyo

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, memprediksi sebanyak 31 atlet tampil di Olimpiade 2020 Tokyo.

Pengumpulan tiket Olimpiade 2020 belum usai. KOI mulai menghitung potensi skuad yang bakal diboyong ke Tokyo tahun depan. Sejauh ini, baru atletik melalui Lalu Muhammad Zohri di nomor lari 100 meter, panahan putra dan menembak Vidya Rafika yang secara pasti menggenggam tiket Olimpiade 2020.

“Sampai hari ini potensinya 31 atlet yang bisa ikut (Olimpiade). Tapi itu kan masih asumsi, jadi bisa lebih atau kurang,” kata pria yang akrab disapa Okto di Kantor KOI, seperti dikutip dari detiksport, Jumat, (27/12/2019).

Jumlah itu melebihi komposisi di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Waktu itu, Indonesia mengirimkan 28 orang.
Okto mengatakan potensi untuk memenuhi target itu cukup terbuka dari cabang olahraga bulutangkis, senam, angkat besi, balap sepeda dan panjat tebing.

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mematok target untuk mengirimkan masing-masing dua wakil per nomor yang dipertandingkan (lima nomor), sedangkan angkat besi minimal dua lifter, satu putra dan satu putri. Senam, balap sepeda, dan panjat tebing juga bertekad untuk bisa mengirimkan masing-masing dua atlet.

Untuk mengawal atlet ke Olimpiade 2020, KOI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) segera menunjuk Chief de Mission (CdM).

“Dalam waktu dekat, Pak Menpora akan mengumumkan CdM Olimpiade Tokyo,” ujarnya.

Setelah diumumkan, selanjutnya KOI akan membentuk tim untuk kesuksesan prestasi Indonesia di Olimpiade 2020 sekaligus berkoordinasi dengan berbagai cabang olahraga yang berpotensi lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo.

 

Topik Berita
Back to top button
Close