Muscab PBB Halteng Hasilkan 3 Nama Calon Ketua, Irsan Kasim: Bagi Saya 6 bulan Target dari Ketua DPW itu tidak Sulit

Abadikini.cpm, WEDA – Musyawarah Cabang V DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) telah usai dan menghasilkan tiga nama calon ketua DPC PBB Halteng yang nantinya akan di ajukan ke DPW PBB Maluku Utara guna diteruskan ke DPP untuk dipilih oleh Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra salah satu dari ketiga nama tersebut menjadi ketua DPC PBB Halteng untuk periode 2019-2024.

Ketua DPC PBB Halteng demisioner Irsan Kasim mengatakan, proses Muscab berjalan sesuai dengan mekanisme, peserta pemilik hak suara mengajukan nama dan 2 nama yang muncul di awal adalah namanya dan Riswan Naim, kemudian kata Irsan, karena menjalankan ketentuan ART terkait dengan 3 nama yang harus di usulkan ke DPP, lalu kemudia pimpinan sidang menawarkan dan mengajukan kembali 1 nama untuk melengkapi 2 nama sebelumnya.

“Pada pemilihan bakal calon ketua pertama berdasarkan musyawarah mufakat maka muncullah 2 nama calon Irsan Kasim dan Riswan Naim, kemudian ketentuan harus 3 nama maka pimpinan sidang kukuhkan kembali 1 nama Usman Nahrawi dan 3 nama yang diputuskan oleh pimpinan sidang untuk di usulkan ke DPP melalui DPW,” kata Irsan kepada Abadikini.com melalui sambung telepon, Kamis (19/12/2019) malam.

Muscab V PBB Halteng

Irsan menuturkan, kurang lebih 1-2 hari kedepan panitia akan ajukan hasil Muscab ini ke DPP lewat Dewan Pimpinan Wilayah. Dia berharap, DPP akan memberikan keputusan yang terbaik kepada siapa amanat pimpinan DPC 5 tahun kedepan.

“Saya pastikan memang bahwa kondisi DPC Kabupaten Halmahera Tengah ini memang butuh ketua DPC yang bisa lugas berkomunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama karena hasil pemilu kita sudah bisa menghasilkan 2 kursi sehingga kita butuh orang yang tepat,” ujarnya.

Irsan menjelaskan, dari dulu ketika dia masih menjabat sebagai sekretaris DPC di 2 periode yang lalu ia punya mimpi agar PBB bisa punya 1 Fraksi penuh di DPRD Halteng sebanyak 3 kursi. Dan impian itu Kata Irsan, belum tercapai sampai saat ini dia menjabat sebagai ketua DPC periode pertama, pasalnya, pemilu kemarin PBB hanya bisa melahirkan 2 kursi.

“Ini catatan penting bagi DPP yang mengambil keputusan baik siapa yang akan memimpin PBB Halteng kedepan, saya punya ramuan sendiri makanya kenapa PBB selalu melahirkan kursi DPRD di setiap pemilu. Ramuan saya adalah, jika seorang DPC berpikir di awal rekrutmen pencalegan berpikir bagaimana dia terpilih itu menjadi nomor satu yang di utamakan maka saya pastikan partai tidak dapat kursi, maka yang harus di pikirkan oleh ketua DPC di awal adalah, yang di nomor satukan adalah bagaimana partai ada kursi dulu, selanjutnya baru dia berfikir jika kursi itu dia yang menduduki maka itu rezeki dia, dia yang duduk,” ungkapnya menjelaskan.

“Rumusan ini yang kita pake selama ini sehingga saya misalnya sebagai ketua DPC selalu menyerahkan nomor urut 1 itu ke orang lain yang di anggap tokoh di setiap pemilu begitu. Itu semua saya lakukan dalam rangka membangun semangat para calon bekerja meraih suara di konstituennya masing-masing,” sambungnya.

Muscab V PBB Halteng 2

Menurut Irsan, Jika misalnya keputusan DPP memberikan kembali amanat kepadamya, insya Allah kata Irsan, setelah terbit SK DPC kita akan segera melakukan penguatan di PAC-PAC terus kemudian Ranting-Ranting yang belum kita akan bentuk 100 persen sekaligus kita akan melakukan penguatan kembali.

Menurut Irsan, dengan posisi PBB Halteng yang saat ini memiliki 2 kursi sangat mudah bagi pengurus baru untuk membentuk ranting mencapai 100 persen serta anak ranting 50 persen.

“Alhamdulillah memang 1 periode ini di star awal kita melakukan pembenahan Infrastruktur dan pembentukan Infrastruktur yang belum ada jadi saya kira kerja selanjutnya ini cukup mudah bagi DPC karena sudah terbentuk, tinggal kita benahi, kita perkuat lalu kemudian Ranting-Ranting yang tergoda oleh rayuan politik partai penguasa sehingga membelot itulah yang kemungkinan kita akan lakukan pembenahan-pembenahan,” tegasnya.

Lanjut Irsan, dari 10 Kecamatan 10 PAC suadah terbentuk, kemudian dari 62 Ranting/Kelurahan terdapat kurang lebih 46 Ranting yang sudang terbentuk.

Dikatakan Irsan, pada periode awal dia kemarin target pembentukan ranting lebih dulu dibentuk di wilayah-wilayah yang sulit.

“6 bulan bagi saya tidak maslah, yang jadi masalah, mungkin DPC-DPC yang tidak ada kursi DPRD. Bagi saya 6 bulan target dari ketua DPW itu tidak terlalu sulit karena akses transportasi kita di Wilayah Halteng sudah mulai bagus dan terbuka ditamba lagi DPC miliki 2 kursi DPRD,” pungkas Irsan.

Sebelumnya diberitakan Abadikini.com, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) melaksanakan Musyawarah Cabang V (Muscab V)  hari ini, Kamis (19/12/2019) di Hotel Weda Pury pada Pukul 15.00 WIT. Muscab V dibuka dengan resmi oleh dr. Haryadi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Utara yang juga wakil ketua DPW PBB mewakili Ketua Wilayah PBB Maluku Utara saudara Achmad Djabid.

Baca Juga

Back to top button