Keluarkan Izin DWP 2019 Pemprov DKI Jakarta Akui Melaba

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui meraup keuntungan finansial dari penyelenggaraan Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019. Pemprov DKI sudah mengeluarkan izin kepada penyelenggara ‘dugem massal’ tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Alberto Ali menyatakan bahwa dari sisi pariwisata, Pemprov DKI bakal mendapat keuntungan. Sebab acara sekelas DWP bakal menyedot kedatangan wisatawan asing maupun lokal.

“DWP adalah salah satu event yang ada di Jakarta, tujuannya adalah mendatangkan wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara,” kata Alberto di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/12/2019) seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Alberto mengatakan, dengan banyaknya wisatawan yang datang ke DWP, tentu akan berdampak positif pada pendapatan Pemprov DKI.

Dia mencontohkan, ketika Pemprov DKI meraup keuntungan finansial yang besar dari penyelenggaraan DWP pada 2017 lalu.

Saat DWP 2017, Pemprov DKI bisa menerima dua jenis objek pajak dari DWP. Ketika itu, Pemprov DKI setidaknya mengantongi Rp10 miliar dari total pajak selama dua hari penyelenggaraan DWP.

“Kita terima pajak dari makanan dan minuman sebanyak 10 persen dan pajak hiburan 20 persen. Di tahun 2017 pajak makanan dan minuman Rp2,5 miliar dan pajak hiburan Rp7,5 miliar dalam 2 hari totalnya sebesar Rp10 miliar,” jelas dia.

Di tempat yang sama Alberto juga memastikan bahwa DWP 2019 sudah memenuhi aturan yang berlaku. Menurutnya kewajiban pemerintah adalah memberikan izin kepada penyelenggara yang sudah memenuhi persyaratan.

“Kami punya tugas menjalankan peraturan baik Perda dan kepada pihak yang mengajukan kami mengizin Pemprov DKI akan mengkaji permohonan tersebut. Bila tidak melanggar hukum berarti izin akan kita berikan,” jelas dia.

Namun ia menegaskan bahwa pemerintah juga memastikan bahwa penyelenggara menaati peraturan yang berlaku. Karena itu, Alberto menyebut sudah ada aparat dari DKI yang berjaga untuk ketertiban.

Terkait dengan sejumlah penolakan, Alberto mengaku Pemprov DKI sudah mempertemukan pihak penyelenggara dengan pihak-pihak yang menolak.

“Bagi yang menolak itu kita coba ajak bareng komunikasikan dan kita sudah pertemukan di pihak penyelenggara sudah beberapa kali pertemuan,” tutup dia.

Sumber Berita
CNN Indonesia
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close