Junjung Sportivitas, Mental dan Karakter Bangsa, Perwosi & Unesa Gelar Pelatihan Petanque

Abadikini.com, SURABAYA – Sportivitas, mental serta karakter bangsa bisa dibangun salah satunya melalui olahraga. Berangkat dari hal tersebut Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Jatim terus menggelar berbagai pelatihan olahraga. Salah satunya pelatihan olahraga Petanque yang merupakan kerjasama antara PERWOSI Jatim dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) di Kampus UNESA Lidah Wetan.

Petanque merupakan suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya bukan sekedar melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochoner. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

“Tetapi jauh yang lebih penting di olahraga petanque ini mengandung nilai-nilai sportivitas, konsentrasi, kekompakan dan nilai-nilai lain yang positif,” ucap Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PERWOSI Jatim Arumi Emil Dardak saat membuka pelatihan Petanque ini. Rabu, (11/12/2019).

Menurutnya, pelatihan petanque ini bertujuan untuk menjalin komunikasi yang lebih erat antar pengurus Perwosi se-Jatim, membangun jejaring antar lembaga untuk pengembangan olahraga petanque di Jatim dan mengasah skill para pengurus terkait olahraga petanque.

“Selain itu pelatihan petanque ini sekaligus untuk mensosialisasikan serta menumbuh suburkan minat masyarakat luas terkait olahraga petanque ini,” kata istri Wagub Jatim ini.

Dengan pelatihan bersama ini, Arumi berharap para pengurus Perwosi Jatim dari berbagai daerah atau kab/kota dapat mensosialisasikan dan mengenalkan olahraga petanque di daerahnya masing-masing.

“Kami berharap ke depan Jatim akan menjadi barometer perkembangan orahraga petanque secara nasional sehingga akan tumbuh bibit unggul atlet petanque yg berprestasi dikancah nasional dan internasional,” imbuhnya.

Untuk itu ia mengapresiasi pelatihan petanque ini. Rencananya, hasil dari pembinaaan petanque di tiap kab/kota, sebut Arumi, akan dilombakan di tingkat provinsi.

“Marilah kita singsingkan lengan, kepalkan tangan, dan bangkit untuk Indonesia, untuk tanah air kita. Melalui sektor organisasi ini, agar menjadi lebih baik, lebih bersahaja dan yang tak kalah pentingnya adalah semua itu adalah nilai Ibadah kita. Saya selaku Ketua menghimbau kepada seluruh pengurus di kab/kota untuk satu semangat saling membantu dan mendukung satu sama lain,” tandasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close