Trending Topik

Yusril Ihza Mahendra Siap Dampingi Calon ‘Dubes’ Kutub Utara Temui Presiden Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Calon ‘Duta Besar’ (Dubes) Indonesia untuk Kutub Utara, Tangguh Sipria Riang, mendapat dukungan dari mantan menteri tiga presiden yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Tangguh akan mewakili Indonesia di ajang internasional Fjällraven Polar 2020, sebuah ekspedisi menggunakan kereta salju sejauh 300 kilometer di Kutub Utara. Hal ini terwujud apabila jurnalis kelahiran Bengkulu unggul dari kandidat lainnya yang mengikuti kompetisi tersebut.

“Visi-misinya rasional, cocok dengan semangat perjuangan bangsa kita yakni memajukan kesejahteraan umat manusia, mencerdaskan kehidupan bangsa dan memelihara perdamaian dunia,” ujar Yusril dalam siaran persnya, Ahad (8/12/2019).

Yusril nyatakan siap akan mendampingi Tangguh untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tujuannya untuk menyampaikan misi kebangsaan yang akan digaungkannya di Kutub Utara nanti.

“Ya. Saya siap mendampingi Tangguh menghadap Pak Jokowi sebagai penasihat,” kata ketua tim hukum Jokowi- Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 itu.

Jurnalis asal Bengkulu, Tangguh Sipria Riang, mencalonkan diri sebagai Calon “Duta Besar” (Dubes) asal Indonesia untuk Kutub Utara 2020.

Dukungan Pakar Hukum Tata Negara telah diunggah melalui akun Twitter pribadinya, @Yusrilihza_Mhd pada Sabtu (7/12/2019) kemarin. Ada dua unggahan Yusril terkait dukungan ke Tangguh, pertama, terkait unggahan yang menjelaskan visi-misi mantan wartawan Kompas.com dan Rakyat Merdeka Online (RMOL) itu mengikuti ajang tersebut. Kedua, profesor hukum tata negara ini mencantumkan tautan terkait kontestan di ajang tersebut.

“(Dukungan) Sudah saya tweet di Twitter saya,” jelas mantan Menteri Kehakiman dan HAM serta Menteri Sekretaris Negara.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini mengajak masyarakat Indonesia untuk memilih Tangguh sebagai wakil Indonesia di ekspedisi yang akan berlangsung 30 Maret-5 April 2020 ini. Mengingat, jurnalis lulusan sastra Jepang itu akan mengusung lima misi mulia. Antara lain, misi kebangsaan, lingkungan, kemanusiaan, ekonomi sosial dan edukatif.

“Saya sudah baca visi-misinya. Salah satunya, soal kemerdekaan Palestina. Tangguh, memang telah menyiapkan sejumlah isu-isu nasional yang perlu diketahui dunia luar. Menurut dia (Tangguh), misi-misi yang akan digaungkannya adalah misi yang seharusnya menjadi tugas tujuh menteri,” papar Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB).

Baca Juga

Back to top button
Close