Peserta Seleksi CPNS 2019 Kembali Berburu Jimat dan Jasa Dukun, Ini Tanggapan Menpan-RB

Abadikini.com, JAKARTA- Tahun sebelumnya, tahun ini penerimaan CPNS juga dibarengi berbagai hal unik. Salah satunya adalah adanya penggunaan jimat, dukun, ataupun hal–hal sejenis oleh peserta CPNS.

Pada seleksi CPNS 2018, keberadaan jimat diketahui saat petugas menggeledah peserta seleksi CPNS sesaat sebelum memasuki ruang tes. Adapun isi jimatnya pun bermacam–macam.

Tahun ini fenomena serupa kembali terjadi. Di Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur misalnya, sudah banyak calon peserta ujian CPNS yang berburu jimat.

”Saya enggak nyangka juga bisa viral begini. Ya, dari pas awal jualan jimat ini memang banyak dicari orang,” kata Firman Dermawan, seorang pekerja di Toko Sumber Rezeki di Pasar Rawa Bening, Jatinegara, yang menjual jimat–jimat tersebut.

”Bahannya kulit dan kertas tapi ada tulisannya,” lanjutnya menjelaskan mengenai jimat–jimat yang dijual di toko tersebut.

Menanggapi fenomena berburu jimat itu, Menpan–RB Tjahjo Kumolo enggan berkomentar. ”Enggak komentar,” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11).

Meski demikian, politikus PDI Perjuangan itu menyebut yang bisa menolong peserta lolos tes CPNS adalah usaha dari diri sendiri dan berdoa.

”Intinya yang bisa menolong dirinya sendiri,” kata dia.

Sumber Berita
Tribunnews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close