Arahan Jokowi! Putra Daerah IKN Dapat Jatah Khusus di CPNS 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyiapkan formasi khusus dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Dia mengatakan berencana membuat formasi afirmasi yang dikhususkan bagi putra-putri Kalimantan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami sedang melakukan kajian untuk ada afirmasi khusus bagi CASN yang ada di Kalimantan untuk IKN,” kata Anas dalam acara Persiapan Pengadaan ASN 2024, di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Anas mengatakan formasi afirmasi ini ingin dibuat untuk mendorong pemerataan dan keadilan. Menurut dia, formasi afirmasi Kalimantan ini akan memberikan ruang bagi penduduk lokal berkontribusi dalam pengembangan IKN.

“Kalau di IKN 100% dibuka bebas, kami khawatir ada penduduk lokal di IKN yang tidak tertampung,” kata dia.

Dia menuturkan program afirmasi dalam seleksi CASN 2024 ini mirip dengan formasi afirmasi di Papua. Dalam program di Papua, ada formasi khusus CPNS yang disiapkan untuk putra-putri asli bumi Cenderawasih.

“Ini akan menjadi bagian untuk mendorong pemerataan dan keadilan dan afirmasi ini diberikan juga oleh presiden di Papua,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah akan membuka 2,3 juta formasi untuk seleksi CASN 2024. Dari total formasi itu, ada 225.000 formasi yang akan disiapkan untuk CPNS penempatan di IKN.

Pemerintah menyatakan syarat utama untuk formasi ini adalah pelamar harus berstatus lulusan baru atau fresh graduate. Selain itu, mereka juga harus melek teknologi supaya bisa menjalankan program pemerintahan digital yang ingin dibangun di ibu kota baru tersebut.

Meski seleksi CPNS IKN telah dimulai 2024, penempatan 225.000 abdi negara tersebut akan dilakukan secara bertahap. Penempatan PNS pionir ini dilakukan untuk mendorong PNS lainnya bersedia ditempatkan di Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker