Cerita Tukang Sedot WC, Hadapi Tinja Hingga Perhiasan Emas di Septic Tank

Abadikini.com, JAKARTA – Menjadi Petugas atau biasa disebut tukang sedot WC memang bukan pekerjaan yang mudah. Tidak hanya harus menghadapi bau tinja setiap hari, tapi juga terkadang membahayakan nyawanya.

Seperti halnya yang dialami Ridwan (51), seorang pengelola sekaligus tukang sedot WC di CV Indojasa Pratama, Jakarta Barat. Ia harus merasakan bermandikan tinja karena tersembur mesin blower, masuk ke septic tank untuk membersihkan lumpur tinja yang mengendap, hingga menahan bau menyengat tinja yang membuat mual.

Dikutip Detik, Jumat (8/11), Namun layaknya setiap pekerjaan, menjadi petugas sedot WC tak selalu berisi duka. Ridwan bercerita bahwa ia dan anak buahnya seringkali menemukan benda-benda berharga dari kurasan tangki lumpur tinja hasil sedotan. Dari mulai anting anak kecil, cincin, jam tangan, bahkan gelang emas.

“Waktu itu dapet gelang 10 gram bahkan. Mungkin jatuh itu. Jadi kayak harta karun di tumpukan kotoran,” kenangnya sambil tertawa.

Ridwan memilih menjalani usaha sedot WC dan berurusan dengan tinja sejak tahun 2001. Menurutnya meskipun harus kotor, pekerjaan sedot WC setimpal dengan penghasilan yang didapat.

Topik Berita
Back to top button
Close