Alasan Film Horor Ciptakan Rasa Penasaran Sampai Ketagihan

Abadikini.com, JAKARTA – Bertepatan dengan Halloween, sejumlah film bergenre hororkini ‘memadati’ bioskop. Walau penuh ketegangan dan ketakutan, nyatanya film horor cukup diminati bahkan memiliki penggemarnya sendiri.

Bukan tanpa alasan bila film horor kerap membuat orang penasaran bahkan ketagihan. Menurut psikolog Frank T. McAndrew mengutip Medical Daily via CNN, secara psikologis menyaksikan film horor dapat meningkatkan gairah di dalam diri.

“Menonton adegan yang menakutkan dapat meningkatkan perhatian di otak sekaligus meningkatkan suasana hati bagi sebagian orang. Itu sebabnya, genre horor memiliki banyak penggemar di dunia,” imbuh McAndrew.

Sosiolog Margee Kerr menambahkan, rasa takut yang muncul saat menonton film horor adalah semacam euforia, yaitu perasaan nyaman atau gembira yang berlebihan.

Hal ini disebabkan karena film horor tersebut umumnya ditonton di tempat yang nyaman, misalnya di bioskop bersama dengan teman dekat, atau di rumah bersama pasangan dan keluarga. Sehingga, ketimbang ‘mengancam’, menonton film horor justru menimbulkan sensasi layaknya sebuah kegembiraan.

“Kita berada di tempat yang aman dan kita tahu itu, butuh kurang dari satu detik bagi kita untuk mengingat bahwa kita tidak benar-benar dalam bahaya. Kemudian kita beralih untuk menikmatinya. Ini semacam euforia. Itulah mengapa orang-orang di bioskop bisa berubah dari berteriak menjadi tertawa dalam waktu singkat,” jelas Kerr.

Kerr melanjutkan, itu sebabnya menonton film horor bisa memberi ikatan sosial yang baik dengan orang lain. Sebab saat rasa takut yang dirasakan dan dibagi bersama dapat membentuk ingatan yang sangat kuat, sehingga orang bisa mengingat momen kebersamaan itu dalam waktu yang lama. Bahkan ingin mengulangnya kembali.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker