Taman Tematik akan Dijadikan Sebagai Pusat Edukasi dan Entertainment

Abadikini.com, TANGERANG – Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Hendri Pratama mengatakan, secara bertahap saat ini taman tematik akan dijadikan sebagai pusat edutainment yakni edukasi dan entertainment.

Dikatakannya, Taman tematik telah menjadi lokasi wisata di pusat kota bagi masyarakat. Hampir setiap hari, taman tematik selalu dikunjungi warga untuk mencari tempat hiburan maupun belajar.

“Karena animo masyarakat sudah sangat begitu besar. Maka kita lakukan penataan agar taman tematik bisa menjadi tempat yang memberikan edukasi ketika masyarakat datang,” kata Hendri Pratama, Sabtu (19/10).

Meningkatnya jumlah pengunjung tersebut, mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang khususnya bidang pertamanan untuk membuat konsep di taman agar menjadi taman bermain ramah anak.

Edukasi yang disiapkan adalah tempat bermain ramah anak. Sedangkan entertainment yang diusung adalah menyediakan videotron yang menampilkan informasi edukasi mengenai pengetahuan dan juga pembangunan seperti taman di kota tangerang.

“Untuk tahap awal, kita siapkan videotron di dua teman tematik yakni taman potret dan taman gajah. Beberapa arena bermain pun kita sudah ganti dengan konsep ramah anak sesuai arahan dari kementerian,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan sertifikasi terhadap taman gajah sebagai taman ruang bermain ramah anak.

Adapun jenis yang dilakukan sertifikasi oleh pihak kementerian adalah seperti ruang bermain anak, perangkat lunak di lokasi bermain anak, media edukasi yang jelas sebagai informasi bagi anak dan orang tua.

“Jadi, ruang bermain anak itu harus aman dan nyaman. Tak ada perangkat yang keras, tetapi harus lunak untuk keamanan. Ini yang jadi salah satu poin dalam proses sertifikasi kemarin,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Hendri, pihaknya masih menunggu dari proses hasil sertifikasi tersebut. Namun, di sisi lain, Pemkot pun terus melengkapi sisi keamanan dan kenyamanan di taman gajah agar menjadi ruang bermain yang ramah anak.

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker