Luka Bakar Anak Kurdi Mengerikan Akibat Serangan, Turki Dituduh Gunakan Senjata Kimia

Abadikini.com, RAS AL AYN – Beberapa anak Kurdi Suriah berteriak kesakitan karena menderita luka bakar yang mengerikan di wajah dan tubuh. Penderitaan bocah-bocah itu memicu tuduhan bahwa pasukan Turki menggunakan senjata kimia selama invasi militer di Suriah timur laut.

“Ayah hentikan kebakaran, saya mohon,” teriak seorang bocah kecil itu yang direkam dalam video yang dirilis media Kurdi, ANHA dan Rudaw. Milisi Kurdi menuduh pasukan Turki menggunakan bom fosfor putih, salah satu senjata kimia yang dilarang PBB untuk digunakan dalam perang.

Video itu diambil dari sebuah rumah sakit di Tal Tamr, dekat Ras al-Ayn, wilayah Suriah yang berbatasan dengan Turki. Salah satu bocah laki-laki menderita luka bakar hebat di wajah, lengan, dan dadanya.

“Ada banyak kekhawatiran bahwa senjata terlarang digunakan di Sari Kani,” kata Dr Manal Mohammed, yang mengepalai Dewan Kesehatan Rojava di Suriah Utara, kepada kantor berita Kurdi; Rudaw.

“Luka yang kita rawat di rumah sakit sama sekali bukan luka normal,” ujarnya.

Dokter Kurdi lainnya, Fares Hammu yakin bahwa pasukan Turki menggunakan senjata terlarang.”Negara pendudukan Turki menggunakan semua jenis senjata berat, karena banyak kasus yang serius,” katanya kepada ANHA.

“Ekspektasi kami, negara Turki menggunakan senjata yang dilarang secara internasional, seperti senjata kimia,” ujarnya.

Pemerintah maupun militer Turki belum berkomentar atas tuduhan menggunakan senjata kimia dalam invasi militernya terhadap pasukan Kurdi di Suriah timur laut.

Amnesty International menuduh Turki menunjukkan pengabaian yang memalukan terhadap kehidupan manusia.

Seorang pekerja Bulan Sabit Merah Kurdi menceritakan bahwa dia menarik beberapa jasad dari puing-puing bangunan akibat serangan udara pada 12 Oktober. “Semuanya terjadi begitu cepat. Secara total, ada enam yang terluka dan empat tewas, termasuk dua anak,” kata pekerja tersebut, seperti dikutip Daily Mirror, Sabtu (19/10/2019) tanpa disebutkan namanya.

“Saya tidak tahu apakah mereka laki-laki atau perempuan karena mayat mereka berwarna hitam. Mereka tampak seperti arang,” ujarnya.

“Dua orang lainnya yang terbunuh adalah pria yang lebih tua, mereka terlihat lebih tua dari 50 tahun. Jujur, saya masih shock.”

Setelah invasi selama sepekan, Turki sepakat gencatan senjata selama 120 jam yang dimulai hari Kamis. Kesepakatan itu dibuat oleh Turki dan AS sebagai mediator Kurdi.

Meski gencatan senjata disepakati, namun Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan pertempuran sesekali masih terjadi di Ras al-Ayn.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker