3 Hewan Jelmaan Jin yang Boleh Dibunuh dalam Islam

Abadikini.com – Hewan merupakan salah satu makhluk ciptakan Allah yang hidup berdampingan dengan manusia. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang berkeliaran disekeliling kita, baik itu hewan berbahaya maupun yang tidak berbahaya. Bahkan, hampir semua hewan yang ada dimuka bumi ini telah diketahui oleh manusia tentang nama dan jenisnya.

Pada umumnya, hewan telah Allah tanamkan dari sisi kemanfaatannya, baik itu manfaat baik maupun buruk. Bahkan, ada beberapa hewan yang dianjurkan untuk dibunuh ketika kita berjumpa hewan tersebut. Tentu saja hal ini ada alasannya, mengapa hewan tersebut harus dibunuh adalah karena hewan merupakan jelmaan dari jin atau syaitan.

3 Hewan Jelmaan Jin yang Boleh Dibunuh dalam Islam

Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW menganjurkan membunuh beberapa hewanyamng memiliki ciri-ciri tertentu yang dalam bentuh fisik dan prilaku hewan tersebut tidak seperti hewan pada umumnya. Hewan jelmaan syaitan adalah hewan yang dijadikan pelantara oleh syaitan untuk menggoda manusia, jadi alasan tersebutlah mengapa hewan tersebut dianjurkan untuk dibunuh. Mau tahu apa saja hewan tersebut? yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Ular

Ular merupakan hewan yang paling ditakuti oleh sebagian besar manusia, karena sangat berbahaya dan beberapa jenis ular memiliki racun bisa yang sangat mematikan. Selain itu, ular juga sering dimasuki Jin sebagai tempat tinggal mereka. Tetapi, perlu diingat tidak semua ular adalah jelmaan jin, namun ada beberapa dari mereka yang merupakan jelmaan dari jin.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadist riwayat Imam Bukhari sebagai berikut:

Dari Ibnu Umar R.A ketika beliau mendengar Rasulullah SAW berkhutbah dan berkata “Bunuhlah ular, bunuhlah dzu aththifyatayn dan al-abtar, sebab kedua binatang itu menyembur mata dan menggugurkan kandungan”

Dalam Shahih Al-Bukhariy diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabat membunuh ular, dan sesudah itu melarang membunuh ular yang menghuni rumah, karena mereka adalah jin-jin yang menetap di rumah tersebut.

Sedangkan dalam Fat-h Al-Bariy Ibnu Hajar mengatakan, bahwa Rasulullah SAW berkata “Bunuhlah dzu ath- thifyatayn,’ adalah ular yang mempunyai dua garis putih di punggungnya”

Ibnu Abd Al-Barr mengatakan, “Disebut-sebut bahwa, dzu ath-thifyatayn merupakan jenis ular yang memiliki dua garis putih di punggungnya, sedangkan al-abtar adalah ular buntung atau tidak memiliki ekor”

2. Anjing

Hampir semua Jin mewujudkan diri seperti anjing, tetapi tidak semua anjing adalah jin. Namun, ada beberapa jenis anjing yang dipercayai sebagai jelemaan jin. Jenis anjing tersebut biasanya memiliki warna hitam polos dan memiliki dua bulatan putih diatas kedua matanya. Inilah yang dijelaskan oleh Jin Muslim dari India yang bernama Mustafa, jin ini memberi penjelasan sebagai berikut :

“Secara keseluruhan ia merupakan himpunan dari salah satu jenis jin. Akan tetapi, yang berwarna hitam legam dengan dua bulatan putih di atas dua matanya, adalah jin sangat jahat yang boleh dibunuh. Kalau engkau melihat anjing seperti itu, jangan kaubiarkan. Bunuh saja.”

Dan dari Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Ibn Az-Zubair, dari Jabir bin Abdullah:

“Rasulullah saw. memerintah kami untuk membunuh anjing, sampai-sampai ada seorang wanita yang datang dari dusun dengan membawa anjingnya, yang kemudian kami bunuh. Kemudian Nabi saw. melarang kami membunuh anjing, seraya mengatakan, ‘Bunuhlah yang hitam legam dengan dua titik putih (di atas matanya), sebab dia adalah setan.”

(Hadis ini di-takhrij oleh Muslim dalam Shahih-nya. Hadis ini merupakan dalil bagi perintah membunuh anjing secara umum. Kemudian perintah ini dihapus (mansukh) dan dikhususkan pada anjing hitam legam, karena ia adalah setan).

3. Kucing Hitam

Tidak semua kucing hitam adalah jelmaan jin, tetapi ada satu dari semua kucing hitam yang memiliki ciri-ciri yang disebutkan oleh Jin Muslim yang bernama Mustafa bahwa kucing tersebut adalah jelmaan jin,  kucing tersebut memiliki ciri-ciri seperti berikut:

“Kucing hitam, lazimnya adalah setan. Sedangkan yang berwarna lain, kemungkinan juga merupakan penjelmaan jin, khususnya jin-jin perempuan yang memang sangat senang menampakkan diri dalam bentuk kucing-kucing yang indah atau yang putih warnanya”

Selain itu, Imam Ibn Taimiyyah pernah berkata, “Jin bisa menampakkan diri dalam wujud ular, anjing, dan kucing hitam. Sebab, warna hitam dapat menghimpun kekuatan setan dibanding warna lainnya, termasuk di dalamnya kekuatan panas”

Itulah 3 hewan jelmaan jin seperti yang sudah dijelaskan Rasulullah SAW. Diciptakannya makhluk jelmaan jin tersebut tentu ada maksud dan tujuannya, salah satunya adalah agar kita sebagai manusia memiliki kewaspadaan dan tidak meminta pertolongan atau bantuan kepada siapapun selain Allah SWT.

Sumber Berita
alwaliyah
Topik Berita

Baca Juga

Baca Juga

Close
Back to top button
Close