Mulai dengan Mencintai Sholat

Terkadang kita merasa bingung, darimana kita mulai membangun generasi muda kita yang Islami mengingat begitu kompleksnya permasalahan dan tantangan yang dihadapi generasi muda kita.

Banyak teori dan analisis yang ditawarkan. Tapi saya mengajak kepada apa yg ditawarkan Islam itu sendiri dalam menyiapkan generasi.

Pertama kesadaran dan tanggungjawab orangtua atas masa depan anak cucu mereka. Sehingga merasa khawatir akan nasib generasi yang akan datang. Kekhawatiran mendorong usaha yang serius dan upaya kerja keras yang maksimal dalam mendidik mereka.
Al Quran menyatakan.

“Dan hendaklah orang orang (orang tua) khawatir jika mereka meniggalkan dibelakang mereka generasi yang lemah…” (An Nisaa: 9)

Kedua. Menanamkan kecintaan pada sholat. Taat melaksanakan sholat sangat baik, namun lebih baik lagi menanamkan kecintaan shalat. Mencintai sholat otomatis mencintai agama, karena sholat itu sendiri diantara tiang agama yang paling utama.

Dalam hadits sohih riwayat imam Ahmad diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Yang pertama sekali dihisab amalan seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika beres sholatnya, maka akan beres semua amalnya. Jika rusak sholatnya maka rusak pula amal yang lainnya.”

Umar bin Khothob berkata kepada para pejabanya, “Ketahuilah, sesungguhnya perkara kalian yang terpenting dalam pandanganku adalah sholat. Siapa yang menjaga sholatnya pasti ia menjaga tugasnya yang lain. Siapa yang menyepelekan sholatnya maka ia akan mudah menyepelekan perkara yang lain”.

Al Quran bahkan mengingatkan dengan keras bahwa generasi yang akan tersesat dan binasa adalah generasi yang mengabaikan sholat dan cinta syahwat.

“Maka datanglah sesudah mereka satu generasi yang meninggalkan sholat dan mengikuti hawanafsu, maka niscaya mereka mengalami kesesatan kebinasaan” (Surat Maryam ayat 59)

Jadi marilah menyiapkan generasi terbaik kita dimasa datang dengan menanamkan cinta pada sholat.

Hikmah Jumat Mubarokah.
12 Safar 1441/11 Oktober 2019.
Ustadz Jeje Zaenudin.
Pimpinan Pesantren Persis No 69 Jakarta

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker