KPK Panggil Politikus Golkar Melchias Mekeng Terkait Kasus Suap Eni Saragih

Abadikini.com, JAKARTA – KPK kembali memanggil politikus Golkar yang juga anggota DPR RI Melchias Marcus Mekeng terkait kasus suap mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih dengan pengusaha Samin Tan. Mekeng dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Samin Tan.

“Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SMT (Samin Tan),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Selasa (8/10/2019).

Mekeng sebelumnya sudah pernah dipanggil KPK sebanyak tiga kali pada Rabu (11/9), Senin (16/9), dan Kamis (19/9), namun ia tak hadir karena sedang ada tugas lain. KPK juga sudah melakukan upaya pencegahan ke luar negeri terhadap Mekeng selama enam bulan ke depan terhitung sejak September 2019.

Kasus ini berawal ketika perusahaan Samin Tan, PT Asmin Kolaindo Tuhup (AKT) mengalami masalah berkaitan dengan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dan Kementerian ESDM.

PKP2B PT AKT sebelumnya dihentikan oleh Kementerian ESDM, yang dipimpin Ignasius Jonan. Penghentian itu dilakukan karena PT AKT dianggap telah melakukan pelanggaran kontrak berat. Atas penghentian itu, terjadi proses hukum hingga tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA) yang hasilnya menyatakan keputusan Menteri ESDM soal penghentian PKP2B PT AKT tetap berlaku.

Dalam proses menuju pengajuan banding terhadap putusan PTUN tentang terminasi itu, Eni Maulani Saragih berjanji bisa membantu Samin Tan dalam urusan dengan keputusan terminasi oleh Kementerian ESDM. Duit Rp 5 miliar pun diduga diserahkan agar Eni membantu mengurus hal tersebut.

Dari situ, Eni disebut sampai mengancam akan mempermalukan Jonan dalam rapat di DPR. Namun, sebagaimana diketahui, pada akhirnya pemerintah tetap menang hingga putusan terminasi terhadap kerja sama dengan PT AKT berkekuatan hukum tetap lewat putusan kasasi di MA.

Sumber Berita
Detik

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker