Rayakan Ulang Tahun ke-74, Keren Parade Kendaraan TNI

Abadikini.com, JAKARTA – Hari ini, 5 Oktober 2019, Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan ulang tahun atau hari jadi yang ke-74. Bertemakan “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”, tentara kebanggaan Republik Indonesia melakukan parade di berbagai penjuru Tanah Air, dengan pusat di Pangkalan Udara atau Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Bakal tampil sebagai inspektur upacara adalah Presiden NKRI Joko Widodo.

Namun bagi anggota masyarakat yang berhalangan menyaksikan seremoni di Lanud Halim Perdanakusuma, tontonan khas Hari Ulang Tahun (HUT) TNI dapat disaksikan di berbagai lokasi. Tak terkecuali beberapa mall yang menggelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan atau Alutsista.

Deretan tank pasukan TNI saat gladi resik HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (3/10/2019). (Suara.com/Angga Boedhijanto)

Paling tidak, suguhan kendaraan Unimog serta panser atau tank berwarna hijau khas Angkatan Darat bisa dijumpai di lokasi.

Sebagai catatan, Unimog adalah truk multi guna berdimensi sedang dengan penggerak 4 roda yang diproduksi Mercedes-Benz, singkatan dari Universal Motor Gerät. Tersedia dalam dua seri, yaitu Medium 405, dan Berat 437.

Diproduksi untuk kebutuhan Perang Dunia Kedua, Unimog sangatlah tangguh di lapangan, mampu menaklukkan medan off-road dengan derajat kemiringan ekstrem.

Mobil Unimog milik Arnold Schwarzenegger yang diiklankan di Ebay. Sebagai ilustrasi (ebay.com).

Kekinian, kendaraan roda empat atau mobil lapangan bermedan sulit yang digunakan Tentara Nasional Indonesia pun beragam, dan dicat dalam warna hijau tentara. Jenis-jenis Sport Utility Vehicle atau SUV dan kategori double cabin tergolong banyak dipilih.

Dan dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74, mobil-mobil berpenggerak empat roda atau four-wheel-drive (4WD) ini tak saja ikut parade, namun menjadi salah satu perangkat latihan dan peraga seremoni. Seperti dikutip dari kantor berita Antara, prajurit Angkatan Darat atau TNI AD menarik mobil dalam latihan pemantapan fisik kemampuan prajurit di Lhokseumawe, Aceh, pada Rabu (3/10/2019). Seru? Tentu saja!

Selamat merayakan HUT TNI ke-74 para prajurit Tentara Nasional Indonesia! Bersama Polri dan masyarakat, kita jaga bersama persatuan dan kesatuan Tanah Air.

Prajurit TNI AD menarik mobil dalam latihan pemantapan fisik kemampuan prajurit jelang peringatan HUT ke-74 TNI di Lhokseumawe, Aceh, Rabu (3/10/2019). Pertunjukan kemampuan prajurit TNI jajaran Kodam Iskandar Muda itu akan ditampilkan untuk menyemarakkan puncak peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia pada 5 Oktober 2019 [ANTARA FOTO/Rahmad/aww].

Sumber Berita
Suara

Baca Juga

Back to top button