Potensi Produk Kopi Pati Dinilai Luar Biasa

Abadikini.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, mencoba memperkenalkan produk minuman kopi lokal lewat ajang Festival Kopi 2019 agar lebih dikenal masyarakat secara luas, sehingga transaksi penjualannya juga semakin meningkat.

Bupati Pati, Haryanto, mengatakan, kegiatan festival kopi ini digelar semata-mata untuk mengenalkan produk minuman kopi daerah.

“Kami memang berkomitmen mempromosikan produk lokal serta wisata yang sudah dilengkapi dengan regulasi yang mendukung,” ujar Haryanto, di Pati, Minggu (29/9/2019).

Haryanto mengatakan dalam merintis usaha memang bertahap dan tidak selamanya Pemkab terus menerus menuntun para pelaku usaha maupun pedagang, mengingat kewajiban pemkab sebatas memfasilitasi.

“Setidaknya, agar para pelaku UKM maupun pengusaha dapat semakin mengembangkan usahanya dengan baik. Kami sediakan media, buatkan regulasi, dan diadakan pertemuan. Itu tujuannya adalah agar masyarakat semakin mengenal,” ujarnya.

Kualitas minuman kopi khas Pati, kata Haryanto, bisa bersaing dengan produk serupa yang sudah mendunia. Hanya saja, merek kopi lokal masih kurang promosinya sehingga kurang dikenal secara luas. Adapun jumlah merek kopi di Pati hingga sekarang mencapai 200-an merek.

“Agar lebih dikenal, tentunya promosinya harus dilakukan secara kontinu dan butuh waktu,” ujar Haryanto.

Haryanto menyebutkan, upaya memasarkan kopi di zaman sekarang lebih mudah sebab pangsa pasarnya semakin meluas.

“Potensi kopi di Pati ini luar biasa. Jadi nanti kami berharap bahwa semua pelaku usaha kopi serta komunitas, dapat menyatu guna mengangkat kopi Pati. Jangan ada prasangka hal tersebut sebagai sebuah persaingan,” pungkas Haryanto.

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker