Tanggapi Film The Santri Murtad, Wagub Jabar Uu Minta Maaf

Abadikini.com, BANDUNG – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan permohonan maaf atas ucapannya soal murtad saat mengkritisi film ‘The Santri’. Uu menarik perkataannya tersebut lantaran ditegur para ulama.

“Saya diingatkan oleh para ulama tentang statement mengenai film ‘The Santri’. Pertama, tentang kata murtad. Saya mencabut kata-kata murtad tersebut,” kata Uu melalui sambungan telepon, Rabu (18/9/2019).

“Saya menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang tersinggung dengan statment saya,” Uu menambahkan.

Berkaitan soal film karya Live Zheng itu, Uu menyarankan kehidupan santri yang ditampilkan dalam film tersebut mesti selaras dengan etika kesantrian. Namun Uu tak merinci apa etika yang dimaksudnya.

“Adapun etika kesantrian yang diperankan dan dilakoni dalam film itu, semua kembali kepada penafsiran-penafsiran orang. Etika kesantriannya bagaimana, saya serahkan kepada para orang orang yang berkepentingan dalam hal ini,” tutur Uu.

Ia menegaskan tak dapat melarang film ‘The Santri’ tayang di tengah-tengah masyarkat lantaran tak punya kapasitas ‘menyensor’. Namun Uu mengakui pascaucapan soal murtad yang menyoroti santri masuk gereja dalam film itu menimbulkan polemik.

“Saya diingatkan para kiai jangan gampang menyebut murtad. Sekali lagi, mohon maaf,” ucap Uu mengakhiri perbincangan.

Topik Berita
Back to top button
Close