Para Pewaris Tahta Politik Amien Rais

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam dunia politik, nama Amien Rais bukanlah orang baru. Dia adalah politikus senior Indonesia yang disegani mulai dari kawan sampai lawan politiknya.

Saat ini mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu masih aktif di partai politik. Amien Rais yang dulu merupakan pendiri dan pernah menjadi ketua umum, kini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kini putra dan putri Amien Rais mengikuti jejak sang ayah terjun ke dunia politik. Karir politik anak Amien Rais bisa dibilang cemerlang. Mereka berhasil lolos menjadi anggota dewan baik menjadi anggota DPR atau DPRD periode 2019-2024.

Berikut putra dan putri Amien Rais yang terjun ke dunia politik, seperti dilansir Abadikini.com dari Merdeka.com:

Hanafi Rais

Putra sulung Amien Rais, Hanafi Rais kembali lolos ke Senayan untuk periode 2019-2024 dengan perolehan suara 171.316. Hanafi yang maju dari PAN ini mencalonkan di Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Sebelumnya Hanafi menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Dia bertugas menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR-RI yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.

Mengikuti jejak sang ayah yang memiliki kedudukan di PAN, Hanafi juga memiliki posisi strategis dengan menjabat Wakil Ketua Umum PAN.

Hanum Salsabiela Rais

Selanjutnya ada putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais yang meneruskan karir politik sang ayah. Hanum Rais berhasil menjadi anggota DPRD DIY dan sudah resmi dilantik pada Senin (2/9) di Gedung DPRD DIY. Maju lewat PAN di Dapil VI atau Sleman Utara, Hanum Rais meraup 23.657 suara. Dengan raihan itu, Hanum Rais pun menjadi Caleg dengan raihan suara terbanyak di Dapil VI.

Hanum bercerita mendapat wejangan khusus dari sang ayah, Amien Rais. Wejangan ini terkait dengan pilihannya untuk menjadi politisi.

“Tadi saya sebelum ke sini (pelantikan), sungkeman juga dengan Pak Amien dan Bu Amien selaku orang tua saya. Bapak juga memberi wejangan bahwasanya ini sebuah jabatan yang bisa menjadi jalan tol kalian ke surga, tapi juga bisa jadi jalan tol kalian ke neraka,” papar Hanum Rais.

Sebelum terjun ke dunia politik, Hanum terlebih dahulu dikenal sebagai seorang penulis. Hanum menerbitkan buku pertamanya berjudul ‘Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta’. Setelah itu, dia menerbitkan buku Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film ’99 Cahaya di Langit Eropa’ dan ’99 Cahaya di Langit Eropa Part 2′.

Ahmad Baihaqy Rais

Mengikuti jejak kedua kakaknya, yakni Hanafi Rais dan Hanum Rais di dunia politik, Ahmad Baihaqy Rais berhasil lolos menjadi anggota DPRD DIY dari PAN. Putra sulung Amien Rais ini, dilantik menjadi anggota DPRD DIY bersama sang kakak, Hanum Rais.

Baihaqy Rais lolos menjadi anggota DPRD DIY dari daerah pemilihan (Dapil) IV atau wilayah Kabupaten Kulon Progo. Di Dapil IV ini, Baihaqy Rais berhasil meraup 12.505 suara.

Ahmad Mumtaz Rais

Menyandang nama besar sang ayah Amien Rais di dunia politik, tidak mampu menghantarkan Ahmad Mumtaz Rais lolos ke Senayan periode 2019-2024. Mumtaz maju mewakili Dapil VI Jawa Tengah.

Tidak lolosnya Mumtaz ke Senayan, berbeda dengan ketiga saudara yang berhasil di Pileg 2019. Mumtaz harus lapang dada menerima kekalahan. Karena secara mengejutkan pada Pileg 2019 tak meloloskan Partai Amanat Nasional (PAN) ke Senayan.

Sebelumnya, Mumtaz Rais anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PAN. Dia ditempatkan Komisi VI yang menangani perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, BUMN dan Badan Standardisasi Nasional.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close