Trending Topik

Mak’ruf Amin Jelaskan Bahayanya Khilafah Mengancam NKRI

Abadikini.com, BALI – Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin berpesan agar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi garda terdepan dalam melawan intoleransi, radikalisme, dan khilafah di Indonesia.

“PKB harus ada di depan untuk menangkal berkembangnya paham-paham radikalisme, intoleransi, maupun paham khilafah,” kata Ma’ruf, seperti dikutip Abadikini dari laman Tempo, Kamis (22/8/2019).

Ketua Dewan Syuro pertama PKB ini mengharapkan peran PKB untuk menyukseskan program pemerintahannya bersama presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi periode 2019-2024.

Sebagai partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama, kata dia, PKB harus aktif menjaga NKRI dari perpecahan, baik yang dipicu oleh kesukuan, kedaerahan, atau paham-paham yang bertentangan dengan dasar negara.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini berpendapat khilafah sebenarnya Islami. “Menurut saya khilafah itu Islami, karena dulu pernah ada khilafah-khilafah yang diterima pada waktu itu oleh para ulama,” kata Ma’ruf.

Meski begitu, Ma’ruf menyebut bukan hanya khilafah satu-satunya bentuk negara yang Islami. Dia mengatakan bentuk-bentuk negara lain, seperti kerajaan, keamiran, dan republik juga Islami.

“Mesir itu juga republik, kurang apa ulama di Mesir. Republik Islam Pakistan, Republik Turki. Artinya di dunia Islam republik juga diterima,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf Amin mengatakan tetapi tetap saja khilafah ini harus ditangkal lantaran tak sesuai dengan kesepakatan para pendiri bangsa. Dia menegaskan paham dan gerakan ini harus dilawan lantaran mengancam NKRI dan Pancasila.

Editor
Tonny F

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker