Capim KPK dari Polri Dinilai Berpengalaman

Abadikini.com, JAKARTA – Empat jenderal bintang dua Polri kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai layak diperhitungkan. Ahli Hukum Kapitra Ampera mengatakan untuk mencapai pangkat Jenderal memerlukan perjalanan panjang dan hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur kelayakan anggota Polri memimpin lembaga antirasuah.

“Saya pikir keempatnya layak ya untuk memimpin KPK. Mereka sudah pati (perwira tinggi), pengalaman sangat matang, integritas tidak diragukan,” kata Kapitra di Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2019.

Kapitra menjelaskan dalam institusi Polri, para kandidat tersebut juga pernah menduduki sejumlah jabatan yang mempunyai tanggung jawab tinggi. Menurut Kivlan jabatan yang pernah diemban masing-masing jenderal Polri juga harusnya menjadi pertimbangan penting Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK.

“Itu yang terpenting. Mereka sudah selesai dengan (tanggung jawab) dirinya sendiri sehingga sangat cocok (memimpin KPK),” pungkas Kapitra.

Sejauh ini ada empat Pejabat Tinggi (Pati) Polri jenderal bintang dua yang lolos tahapan seleksi Pansel Capim KPK. Mereka yakni Wakabareskrim Polri Irjen Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bauri, Karo Renmin Bareskrim Polri Irjen Dharma Pongrekun, dan Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat Polri Irjen Juansih.

Selain itu juga terdapat dua Pati Polri bintang satu yang juga lolos tahapan seleksi Pansel KPK, yaitu Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani serta mantan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Bambang Sri Herwanto.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker