Mengerikan, Ternyata Sayuran Ini Mengandung Cacing Pita

Abadikini.com, JAKARTA – Cacing pita sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti diare hingga kelumpuhan. Umumnya cacing pita hidup dalam daging hewan dan bisa menginfeksi manusia jika seandainya daging tersebut dimakan.

Namun, menurut penelitian yang dihimpun Times of India, cacing pita ternyata juga bisa hidup dalam sayuran. Sayuran yang dikonsumsi mentah juga berpotensi tinggi terinfeksi cacing pita. Terutama kubis dan kembang kol yang diklaim paling rawan terinfeksi cacing pita.

Parasit berbahaya itu hidup di antara lapisan kubis maupun kembang kol. Kita tidak akan bisa melihat cacing pita dalam sayuran tersebut karena ukurannya sangat kecil.

Bahayanya lagi, cacing pita mampu bertahan hidup pada suhu yang tinggi, begitupun dengan telurnya. Itu artinya cacing pita tidak akan mati begitu saja meskipun sudah dimasak.

Cacing pita bisa menyebabkan masalah serius

Jika sampai Anda mengkonsumsi sayuran yang mengandung cacing pita, tubuh tidak akan mampu mencerna cacing pita karena mereka menempel pada dinding usus. Untuk cacing pita berbentuk spora mampu menumpang pada aliran darah hingga mencapai otakmu. Tapi sejauh ini, cacing pita spora hanya ditemukan dalam daging babi.

Namun tak menutup kemungkinan cacing pita berbentuk spora juga bisa hidup dalam sayuran. Jika mereka sampai masuk ke dalam otak, bahanya sangat serius.

Pada tahap awal, biasanya akan menimbulkan sakit kepala cukup parah hinga epilepsi. Lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kejang-kejang hingga kelumpuhan.

Cacing pita ini sangat sulit sekali dibersihkan. Meskipun sayurannya sudah dimasak, cacing pita tidak akan mati begitu saja. Sebagian ada yang berhasil bertahan hidup.

Satu-satunya cara menghilangkan cacing pita dalam sayuran yaitu dengan menambahkan Potassium Permanangate, semacam bubuk kalium. Tambahkan bubuk kristal tersebut ke dalam baskom berisi air dan kemudian rendam sayuran di dalamnya. Biarkan selama tiga sampai lima menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
wow menariknya.com
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker