Begini Cara Memanfaatkan Kol untuk Meredakan Rasa Nyeri pada Payudara

abadikini.com, JAKARTA – Merasakan nyeri ketika fase menyusui biasa dialami perempuan yang baru saja melahirkan. Nyerinya pun kadang tak tertahankan.

Baca Juga

Di sisi lain, penggunaan obat sangat tidak dianjurkan mengingat akan berpengaruh terhadap kualias ASI yang dihasilkan. Oleh sebab itu, ada cara lain yang terbilang aman untuk mengurangi nyeri tersebut.

Kol alias kubis, seperti dilansir dari Tribunnews.com, disebut bisa menjadi solusi. Terdengar cukup aneh, tapi begitulah adanya. Menurut laporan tersebut, banyak perempuan yang sudah mencoba dan merasakan efek baiknya.

Tak hanya ketika fase menyusui, memasukkan kol dingin ke payudara bisa mengurangi nyeri yang disebabkan oleh bra yang tak tepat ukuran.

Dalam jurnal yang dipublikasikan di Ncbi.nlm.nih.gov disebutkan, penggunaan kol dingin bisa menjadi alternatif pengurangan nyeri di samping kompres hangat atau dingin.

Lalu bagaimana aturan mainnya?

Pertama-tama, letakkan sebongkah kol atau kubis di dalam kulkas selama satu jam. Lalu buang daun luar dan ambil dua lembar daun yang paling dalam.

Tahap selanjutnya, cuci dua lembar helai dalam itu dengan air dingin, bersihkan, dan letakkan di payudara selama 20 menit. Lalu rasakan efeknya.

Jika sudah hangat, kol bisa lepas dan diganti dengan yang baru sampai nyeri hilang.

Meski begitu, jika nyeri pada payudara sudah pada tahap tidak tertahankan, alangkah baiknya untuk langsung pergi ke dokter.

 

(selly.ak/iso)

Baca Juga

Back to top button